Jakarta - Era digital telah berdampak pada berbagai aspek kehidupan, salah satunya merubah pola perilaku konsumsi dan bertransaksi, serta keinginan masyarakat atas layanan yang lebih mudah dan cepat. Pergeseran perilaku masyarakat tersebut menjadi faktor pendorong bagi bank untuk selalu berinovasi agar dapat mempertahankan eksistensinya sekaligus untuk meningkatkan loyalitas nasabahnya.
Termasuk yang dilakukan PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk atau BRI dengan merubah landscape layanan banking hall dari service centre menjadi sales centre secara bertahap. Salah satu teknologi yang mengakomodir kebutuhan tersebut adalah Mesin New SSB (Digi UB) yang akan diimplementasikan di Unit Kerja Operasional BRI. Hal tersebut disampaikan oleh Direktur Jaringan dan Layanan BRI Andrijanto yang mengungkapkan bahwa layanan ini ber tujuan untuk memberikan kemudahan akses dan pengalaman bertransaksi kepada nasabah, sambil tetap mempertahankan aspek kebersamaan yang ada dalam layanan perbankan tradisional. Pada akhirnya, hal ini menjadi upaya untuk mengoptimalkan layanan dan menggali potensi transaksi lainnya yang bersifat high impact atau high value. “BRI sebagai salah satu bank terbesar dan tersebar di Indonesia, menyadari pentingnya melakukan perubahan dengan melakukan pengembangan teknologi, dan juga digitalisasi layanan perbankan secara menyeluruh (end-to end) dalam suatu perjalanan transaksi nasabah (Customer Journey) yang tidak terpisah atau terbatas pada suatu area tertentu. Digitalisasi layanan perbankan ini juga harus tetap berpusat pada demografi dari nasabah BRI, kecepatan, keandalan perangkat, efisiensi dan efektivitas, serta mampu beradaptasi terus menerus menyempurnakan perjalanan digital,” ucap Andrijanto. BACA JUGA:Beasiswa BRI 2023 untuk Mahasiswa, Cek Syaratnya! BACA JUGA:Super Apps BRImo Bertabur Fitur & Kian Digemari Masyarakat, Dirut BRI Bocorkan Rahasianya Mesin ini disebut juga Digital CS atau mesin one stop service yang berfungsi untuk melayani transaksi nasabah secara self service. Digital CS merupakan konsep layanan perbankan yang menggabungkan teknologi digital dengan layanan pelanggan yang personal, sehingga layanan prima (service excellence) yang diberikan BRI dapat meningkatkan customer experience. Digital CS ini dapat melayani beragam aktivitas keuangan nasabah mulai dari, pembukaan rekening (Tabungan BRI Britama, Britama Bisnis, Britama Muda, Simpedes, Simpedes Usaha), penggantian kartu, Reissue PIN, enable kartu, passbook printing (Card & Cardless), cetak rekening koran (Card & Cardless), kirim rekening koran via email (Card & Cardless), cetak 5 transaksi terakhir (Card & Cardless), hingga penerbitan kartu debit. Tak hanya itu, terdapat banyak kelebihan dari Mesin Digital CS ini di antaranya: 1. Mengurai antrian pada Kantor Cabang, 2. Mempercepat bisnis proses dan layanan di Kantor Cabang, 3. Meningkatkan customer experience dan menciptakan seamless customer journey dari awal hingga akhir (end to end) bagi setiap nasabah BRI, 4. Dapat dilakukan validasi nasabah melalui tap E-KTP dan scan fingerprint, 5. Dapat melakukan pemantauan secara terintegrasi untuk seluruh dan kinerja perangkat dalam satu platform, 6. Menciptakan service excellence kepada nasabah dalam melakukan transaksional di Kantor Cabang BRI. Untuk informasi lebih jauh mengenai layanan Mesin Digital CS BRI, masyarakat dapat mengunjungi website resmi melalui link https://bri.co.id/digital-cs atau akun Instagram @bankbri_id. (*)Buat Kamu yang Anti Ribet, BRI Sediakan Layanan Digital Customer Service
Senin 18-09-2023,19:26 WIB
Reporter : Admin
Editor : Admin
Kategori :
Terkait
Senin 08-12-2025,20:29 WIB
BRI Sahabat Disabilitas, Dorong Difabel Berdaya Melalui Kegiatan Pelatihan dan Pemagangan
Minggu 07-12-2025,17:11 WIB
Perusahaan Anak BRI Group Catat Laba Rp8,2 Triliun, Kontribusi ke Induk Capai 19,9%
Sabtu 06-12-2025,20:16 WIB
Perkuat Komitmen Keberlanjutan, BRI Gelar Aksi Tanam Pohon dan Ajak Masyarakat Peduli Lingkungan
Jumat 05-12-2025,15:17 WIB
Akses Layanan BRI Tetap Terjaga di Daerah Terisolir Bencana Banjir Bandang melalui Satelit
Jumat 05-12-2025,10:22 WIB
Lahir dari Kas Masjid, Begini Cikal Bakal BRI Yang Berusia 130 Tahun
Terpopuler
Senin 08-12-2025,17:46 WIB
Gunung Dieng Naik Level II Waspada, Kawah Sileri Ditutup
Senin 08-12-2025,18:50 WIB
Viral Citra Satelit Gunung Slamet, DLH Banyumas Tegaskan Area Coklat Bekas Eksplorasi PLTP
Senin 08-12-2025,16:09 WIB
Draft Kepengurusan Golkar Cilacap Beredar, Formatur: Belum Ada yang Final
Senin 08-12-2025,16:13 WIB
Penambangan Galian C Desa Gandatapa Disidak
Senin 08-12-2025,16:20 WIB
Lapas Cilacap Beri Izin Luar Biasa untuk WBP yang Ayahnya Meninggal
Terkini
Selasa 09-12-2025,14:50 WIB
MI Negeri 1 Banyumas Donasi Bencana Sumatera Rp 22,1 Juta
Selasa 09-12-2025,14:48 WIB
FEB UMP Selenggarakan Kelas Besar Kewirausahaan Promosi Produk untuk Perkuat Jiwa Wirausaha Mahasiswa
Selasa 09-12-2025,14:28 WIB
Jembatan Kali Bugel Difungsikan Terbatas, Perbaikan Permanen Diusulkan 2026
Selasa 09-12-2025,14:07 WIB
Gapoktan Ngudi Tani jadi Rujukan Pengelolaan Lumbung Pangan
Selasa 09-12-2025,14:02 WIB