Gempa Bumi 3,4 SR Guncang Cilacap Tidak Berpotensi Tsunami

Senin 04-09-2023,13:32 WIB
Reporter : Rayka Diah Setianingrum
Editor : Laily Media Yuliana

CILACAP, RADAR BANYUMAS - Gempa bumi kembali terjadi di perairan Kabupaten Cilacap, Senin (4/9/2023). Kekuatan gempa tersebut berskala kecil, dengan berkekuatan magnitudo (M) 3,4 SR pukul 12.16 WIB.

Kepala BMKG Stasiun Geofisika Banjarnegara, Hery Susanto Wibowo mengatakan, pusat gempa berada di koordinat 9.72 lintang selatan (LS) dan 109.26 bujur timur (BT). 

Berjarak 223 kilometer tenggara Cilacap, dengan kedalaman 10 kilometer, gempa  tersebut tidak berpotensi tsunami. 

Hery menyampaikan, penyebab gempa di selatan Cilacap tersebut, dikarenakan adanya subduksi dari pertemuan lempeng Indo-Australia dan Eurasia.

BACA JUGA:Gempa Berkekuatan Kecil Kembali Guncang Cilacap

BACA JUGA:Dua Pasar di Purwokerto Jadi Titik Lokasi Penilaian Adipura Tahun Ini

"Kabupaten Cilacap merupakan daerah rawan gempa dan bencan tsunami. Karena terdapat pertemuan lempeng teknonik yang ada di Selatan Jawa yang merupakan sumber gempa," kata dia.

Pihaknya meminta masyarakat untuk tidak khawatir. Namun demikian, mitigasi bencana perlu ditingkatkan. Seperti dengan menyediakan tas evakuasi. Yang isinya barang-barang berharga seperti sertifikat, P3K, pakaian secukupnya dan lainnya. 

"Kami harap masyarakat tidak perlu khawatir tapi untuk mitigasi harus tetap ditingkatkan. Begitupun dengan pemerintah dari tingkat desa hingga kabupaten perlu meningkatkan mitigasi bencana dengan menyiapkan segala sesuatu terkait dengan evakuasi," kata Hery. (ray)

Kategori :