Jelang Arus Mudik, Rambu Lalu Lintas Diminta Jadi Perhatian

Jumat 14-04-2023,17:37 WIB
Reporter : Aditya Wisnu Wardana
Editor : Indri Agustina

PURBALINGGA, RADARBANYUMAS.CO.ID - Asisten 1 Sekda Purbalingga R Imam Wahyudi meminta kepada Dinas Perhubungan (Dinhub) Kabupaten Purbalingga, untuk memperhatikan rambu lalu lintas, saat arus mudik dan balik Hari Raya Idul Fitri 1444 H atau lebaran 2023.

Hal itu sesuai dengan instruksi dari Kapolda Jawa Tengah Irjen Pol Ahmad Luthfi, saat rapat koordinasi lintas sektoral tingkat Provinsi Jawa Tengah.

"Rambu lalu lintas petunjuk jalan yang rusak atau tertutup pohon untuk dibenahi," katanya saat rakor lintas sektoral persiapan Operasi Ketupat Candi (OKC) di Mapolres Purbalingga, Jumat, 14 April 2023.

Tak hanya itu, ruas jalan dan jembatan yang rusak juga diminta diberikan rambu peringatan. "Jangan sampai terjadi kecelakaan yang disebabkan oleh jalan rusak atau jembatan rusak," ujarnya.

Sehingga, perlu diberikan rambu penanda jalan rusak dan jembatan rusak. "Jangan sampai nanti jadi permasalahan. Sebab, pemerintah bisa dituntut jika terjadi kecelakaan yang disebabkan jalan rusak," ujarnya.

Dia juga meminta kepada DPUPR untuk secepatnya menyelesaikan perbaikan jalan yang rusak. Yakni menambal jalan berlubang yang ada di Kabupaten Purbalingga.

Termasuk berkoordinasi dengan Pemerintah Desa, terkait jalan desa yang rusak. Karena ada kemungkinan jalur alternatif dilewatkan ke desa, jika terjadi kemacetan.

Dia juga mengimbau kepada masyarakat terutama calon pemudik untuk terus meningkatkan kehati-hatian dalam berkendara.

Para pengendara jangan lupa mengenakan pengaman, dan mengikuti aturan lalu lintas yang sudah disiapkan oleh pemerintah.

“Para pengendara juga kami imbau untuk mengenakan sabuk pengaman, helm dan lainnya, manfaatkan aturan rambu-rambu lalu lintas supaya tidak merugikan diri sendiri maupun orang lain,” lanjutnya. (tya)

Kategori :