Mustajabnya Doa Saat Ramadhan

Rabu 12-04-2023,09:17 WIB

H. Muhammad Asdi Nurkholis, Lc., M.Pd, Direktur D2 Bahasa Arab Ma'had Al Imam Malik UMP

SANGAT menarik ketika membaca ayat-ayat tentang Puasa Ramadhan di surat Al-Baqarah ayat 183-187.

Di ayat yang ke 186nya Allah ta'ala mengabarkan keajaiban doa, dimana sebelum dan sesudahnya adalah ayat-ayat berkaitan dengan hukum puasa.

 وَإِذَا سَأَلَكَ عِبَادِي عَنِّي فَإِنِّي قَرِيبٌ ۖ أُجِيبُ دَعْوَةَ الدَّاعِ إِذَا دَعَانِ ۖ فَلْيَسْتَجِيبُوا لِي وَلْيُؤْمِنُوا بِي لَعَلَّهُمْ يَرْشُدُونَ

"Apabila hamba-Ku bertanya kepada mu (wahai Muhammad) tentang-Ku, Maka Aku dekat, Aku akan mengabulkan doanya orang yang berdoa ketika dia memohon, maka hendaklah mereka menerima -perintah- dan mengimani-Ku agar mereka mendapatkan petunjuk" (Al-Baqarah 186)

Ada beberapa hikmah yang dapat kita petik dari ayat tersebut:

Pertama; Allah berfirman: (Ibaadi), maka yang dimaksud hamba-Ku yang dinisbatkan kepada Lafdzul Jalalah adalah hamba dari orang-orang yang beriman, karena erat kaitannya dengan seruan wajibnya puasa bagi orang-orang yang beriman, bukan untuk orang kafir maupun orang munafik.

Kedua; Allah berfirman (Fa Inni qariib), Allah langsung memberikan jawaban; bahwa Allah sangat dekat dengan hamba-Nya. Makna dekat pada ayat ini adalah Allah dekat dengan kesempurnaan ilmu-Nya terhadap semua makhluk-Nya; dekat kepada hamba-Nya untuk mengabulkan doanya, menolong dan memberikan taufik.

Ketiga; Allah akan mengabulkan doa orang yang berdoa, lebih-lebih di bulan Ramadhan dengan ibadah puasa yang kita kerjakan.

Nabi Muhammad shalallahu alaihi wa salam pernah menyampaikan orang-orang yang tidak tertolak doanya, diantara mereka:

"Doanya orang yang berpuasa ketika hendak berbuka" (HR. At-Tirmidzi 2526).

Keempat; untuk terkabulkannya doa kita, haruslah mengikuti petunjuk dan bimbingan Allah, dengan; kekhusyukan, bersihnya hati, meminimalisir dosa, serta tidak memakan harta haram.

Semoga Ramadhan ini menjadi momentum semua doa dan permohonan kita diterima Allah ta'ala. (")

 

 

Kategori :