27 Hewan Ternak Sapi di Cilacap Terjangkit Penyakit LSD

Rabu 01-03-2023,12:14 WIB
Reporter : Julius Purnomo
Editor : Admin

CILACAP - Penyakit Lumpy Skin Disease (LSD) yang saat ini menyerang hewan ternak sapi dan kerbau saat ini sudah masuk ke wilayah Kabupaten Cilacap.

 

Diketahui, semenjak dilaporkan temuan pertama kali pada awal tahun 2022 di Provinsi Riau, saat ini penyakit tersebut sudah ditemui di Kabupaten Cilacap.

 

"Dari bulan Januari hingga Februari 2023 dilaporkan ada 27 kasus LSD di Kabupaten Cilacap," kata Kepala Dinas Pertanian Susilan melalui Kabid Peternakan dan Kesehatan Hewan, Slamet Sugino, Rabu 01 Maret 2023.

 

Penyakit tersebut awal ditemukan di Kecamatan Wanareja kemudian merambah di kecamatan Majenang, Gandrungmangu, Kawunganten hingga Kecamatan di wilayah timur.

 

"Sekarang dilaporkan sudah sampai wilayah Nusawungu, tapi untuk Cilacap hanya dilaporkan menyerang hewan ternak sapi," lanjut Slamet.

 

Untuk gejalanya, terdapat benjolan di bawah kulit hewan ternak jika parah akan di temukan pada sekujur tubuh, dan jika penanganan terlambat akan mengakibatkan kematian karena hewan yang terjangkit akan susah makan.

 

"Hewan yang terjangkit biasanya lemas dan tidak mau makan, bagi hewan ternak yang masih muda biasaya lebih rentan karena imun tubuhnya rendah," pungkas Slamet. (jul)

Tags :
Kategori :

Terkait