Waspada, Potensi Rob dan Angin Kencang di Cilacap

Kamis 16-02-2023,10:16 WIB
Reporter : Rayka Diah Setianingrum
Editor : Ali Ibrahim

CILACAP, RADARBANYUMAS.CO.ID - Pengguna jasa kelautan dan masyarakat yang berada di pesisir diminta untuk hati-hati, karena ada potensi banjir rob atau pesisir. 

Hal ini disebabkan karena adanya fenomena Super New Moon yang bersamaan dengan Perigee atau jarak terdekat bulan ke bumi pada tanggal 20 Februari 2023.

"Adanya faktor tersebut berpotensi meningkatkan ketinggian pasang air laut maksimum," kata Prakirawan Cuaca BMKG Meteorologi Tunggul Wulung Cilacap, Rendi Krisnawan, Kamis 16 Februari 2023. 

BACA JUGA:Seniman Banyumas Sebarkan Pesan Cinta Kasih Lewat Drama Musikal Yang Memukau

Dikatakan Rendi, potensi tinggi gelombang di wilayah pesisir selatan Cilacap saat ini cukup tinggi, yakni berkisar 2,5 - 4,0 meter. 

"Untuk potensi rob ini tidak sebesar beberapa waktu lalu, namun tetap siaga dan waspada untuk antisipasi," kata dia. 

Tidak hanya itu, dikatakan Rendi, potensi angin kencang juga masih terjadi. Hal ini disebabkan adanya beberapa tekanan rendah di belahan bumi selatan atau disekitar wilayah Australia. 

BACA JUGA:Pembangunan Gedung PAUD di Kelurahan Bisa dari Dindik, Mekanisme Hibah

"Sementara di belahan bumi utara terdapat pusat tekanan udara tinggi. Perbedaan tekanan udara yang signifikan saat ini menyebabkan hembusan aliran angin dengan kecepatan tinggi. Karena angin berhembus dari pusat tekanan tinggi menuju ke pusat tekanan rendah," ujar Rendi. (ray)

Kategori :