Tekan Laju Inflasi, Masyarkat Diminta Tanam Cabai Secara Serentak

Jumat 10-02-2023,15:13 WIB
Reporter : Julius Purnomo
Editor : Ali Ibrahim

CILACAP, RADARBANYUMAS.CO.ID - Kabupaten Cilacap masuk dalam 15 besar dengan inflasi tertinggi untuk mensiasati hal itu, PJ Bupati Cilacap mencanangkan gerakan menanam cabai serta bawang merah yang dilaksanakan di halaman Dinas Pertanian, Jumat 10 Februari 2023.

Menurutnya, penanaman cabai serta bawang merah tersebut bukan untuk jual beli akan tetapi hanya untuk subsistensi atau sekedar untuk konsumsi pribadi.

"Mendekati bulan buasa serta lebaran dipastikan harga kebutuhan pokok naik, melalui gerakan ini diharapkan dapat menekan laju inflasi," jelas PJ Bupati Cilacap Yunita Dyah Suminar.

BACA JUGA:Jaring Bibit Unggul, Popda Cilacap Bakal Digelar

Gerakan tersebut menurut Yunita, awalnya akan dilakukan untuk kalangan ASN serta OPD selanjutnya akan masif dilaksanakan di seluruh lapisan masyarakat melalui Camat serta Kepala Desa.

"Kita sudah siapkan Surat Edaran dari PJ Bupati, nanti segera kita sebarkan itupun akan linier dengan gerakan penanganan stunting, kemudian diharapkan menanam sayuran di polybag minimal untuk memenuhi kebutuhan sendiri," lanjutnya.

Sehingga, menurut Yunita jika gerakan itu berhasil dilaksanakan sehingga akan mampu menekan harga pangan hingga stabil dan secara otomatis akan menekan angka inflasi.

BACA JUGA:MinyakKita Langka di Pasaran, Pengecer Kebingungan

"Ini kegiatan sederhana serta tidak membutuhkan usaha yang lebih akan tetapi memiliki dampak yang luar biasa," pungkas Yunita.(jul)

Kategori :