Rekomendasi dan Cara Memilih Makanan Kucing

Senin 09-01-2023,09:45 WIB
Reporter : Laily Media Yuliana
Editor : Laily Media Yuliana

PURWOKERTO, RADARBANYUMAS.CO.ID - Memutuskan memelihara kucing, berarti sudah siap dengan perawatan dan makannya. Meskipun disebut hewan, tetapi kucing juga makhluk hidup yang berhak mendapat kehidupan layak.

Salah satu yang perlu diperhatikan saat memelihara kucing yaitu makanannya. Banyak variasi makanan kucing, tapi jangan asal memberikannya.

Berikut cara memilih makanan kucing yang tepat.

BACA JUGA:Papa Cookies Buka Outlet di Purwokerto

1. Mengandung 95 Persen Bahan yang Tertera di Label

Saat melihat label di kemasan, pastikan 95 persen bahan yang terkandung sesuai. Semisal di label tertera "Tuna Cat Food" atau "Chicken Cat Food", maka kandungan bahan tersebut harus ada dalam makanan sebesar 95 persen, tidak termasuk tambahan air. Jika ada tambahan bahan lain, hanya diperlukan 3 persen.

2. Analisis Nutrisi

Analisis nutrisi juga jadi pertimbangan dalam memilih makanan untuk kucing. Bisa dilihat di label kemasan makanan kucing, biasanya mencantumkan jumlah minimum protein dan lemak berdasarkan presentase. Perhatikan pula jumlah maksimum serat dan kelembaban, yang juga berdasarkan presntase.

Agar lebih meyakinkan, bisa membandingkan antara merek satu dengan lainnya sebelum memutuskan memberikan pada kucing kesayangan.

BACA JUGA:Delapan Napi Teroris Dipindahkan ke Nusakambangan

3. Memiliki Lemak Hewani dan Sumber Protein

Perhatikan label pada kemasan maknan kucing secara seksama. BIasanya yang mengandung banyak air diletakan di urutan atas. Bisa dijumpai untuk bahan makanan seperti, daging ayam, sapi, atau ikan.

Sedangkan di urutan bawah daftar, untuk makanan yang megandung protein, yang merupakan bahan nutrisi penting. Untuk protein lebih rendah, kandungan airnya sudah dihilangkan. Berlaku untuk jenis makanan kering.

4. Sesuaikan Tahap Kehidupan dan Gaya Hidup Kucing

Identifikasi tahap kehidupan dan gaya hidup kucing kesayangan. Contoh tahap kehidupan yaitu anak kucing, kucing menyusui, serta kucing dewasa atau lanjut usia. Setiap tahap kehidupan membutuhkan nutrisi berebeda.

Kategori :