Kegiatan belajar mengajar di sekolah membutuhkan seni tersendiri. Meski sudah ada pakem yang mengatur kegiatan belajar mengajar, namun harus tetap diimbangi dengan penyesuaian dalam situasi, misalnya untuk membuat siswa nyaman dan memahami arti kegiatan belajar mengajar itu.
Salah satu yang saat ini dipedomani Hadi Gunawan SPd, Ketua MGMP Penjasorkes SMK Kabupaten Purbalingga, yaitu mewujudkan suasana kekeluargaan. Artinya jarak atau dinding pemisah antara guru dengan siswa tidak terlalu jauh namun, tetap menjaga unggah- ungguh atau kesopanan,
”Adanya suasana kekeluargaan menunjukkan kerjasama yang baik antara guru dengan siswa. Sehingga siswa menjadi semangat dalam belajar,” ungkap guru Penjasorkes SMKN 1 Bukateja ini.
Kekeluargaan dengan memberikan contoh yang baik dari guru juga akan mudah membentuk kedisiplinan siswa. Kedisiplinan belajar siswa dapat terjadi secara optimal jika pihak sekolah dan guru melakukan perbaikan proses belajar mengajar yang menjadikan siswa itu memiliki tingkat yang sama.
Guru juga tidak melupakan prinsip jika disiplin sama pentingnya dengan proses pengajaran itu sendiri. Sebab, keberhasilan proses belajar mengajar di sekolah tidak lepas dari sikap disiplin para siswa, dan peran guru dalam mendisiplinkan siswa-siswanya dengan baik. (amr)