Jakarta — PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk (BRI) mempersiapkan uang tunai sebesar Rp21 triliun untuk memenuhi kebutuhan transaksi masyarakat selama periode Natal 2025 dan Tahun Baru 2026 (Nataru). Alokasi tersebut disesuaikan dengan proyeksi kebutuhan masyarakat dan peningkatan transaksi digital.
Adapun, besaran alokasi tersebut untuk mengantisipasi kebutuhan transaksi selama delapan hari, mulai 25 Desember 2025 hingga 1 Januari 2026. BRI pun memastikan distribusi uang tunai mengikuti kebutuhan unit kerja dan wilayah yang mengalami peningkatan aktivitas ekonomi selama libur panjang. Direktur Operations BRI Hakim Putratama menjelaskan bahwa kebutuhan uang tunai tahun ini dapat dihitung lebih efisien seiring meningkatnya preferensi masyarakat untuk bertransaksi secara digital. Sebagai informasi, pada periode Nataru 2024 realisasi kebutuhan uang tunai BRI tercatat sebesar Rp21,5 triliun. “Kami melihat pertumbuhan penggunaan layanan digital banking yang signifikan , sehingga kebutuhan uang tunai tidak lagi sebesar tahun-tahun sebelumnya. Meski demikian, kami tetap memastikan ketersediaan kas yang memadai agar kebutuhan transaksi masyarakat tetap terpenuhi selama periode Natal dan Tahun Baru,” ujarnya. Keandalan sistem layanan turut menjadi prioritas utama perseroan agar nasabah dapat bertransaksi dengan nyaman dan aman. Seluruh jaringan layanan perbankan BRI, termasuk Super Apps BRImo yang menawarkan lebih dari 100 fitur, dipastikan siap mendukung kebutuhan transaksi nasabah mudah kapan diperlukan. Selain itu, BRI juga mengoptimalkan jaringan E-Channel sebagai bagian dari penguatan layanan transaksi elektronik. Hingga September 2025, BRI memiliki lebih dari 687 ribu unit e-channel yang mencakup ATM, CRM, dan jaringan merchant yang tersebar di berbagai lokasi strategis. Untuk mempermudah transaksi, BRI juga mengandalkan jaringan AgenBRILink yang kini berjumlah sekitar 1,2 juta agen di seluruh Indonesia. Layanan ini memungkinkan nasabah melakukan berbagai transaksi secara real-time dan online , mulai dari pembayaran tagihan listrik, air, BPJS, telepon, pembayaran cicilan, transfer antarbank, setor dan tarik tunai, top up e-wallet serta BRIZZI, hingga pembelian tiket perjalanan seperti bus, shuttle, dan kapal ferry. “Beragam penguatan layanan terus dilakukan BRI agar masyarakat dapat mengakses layanan keuangan secara mudah, aman dan tanpa kendala,” ujar Hakim. Di sisi lain, terkait kebutuhan informasi, nasabah dapat memanfaatkan Asisten Virtual BRI “Sabrina” melalui WhatsApp di 0812 1214 017. Sabrina menyediakan layanan 24 jam untuk informasi produk, promo, hingga informasi mengenai lokasi kantor cabang, ATM, AgenBRILink, serta rekomendasi merchant terdekat. BRI pun menyediakan saluran komunikasi melalui Contact BRI yang tersedia 24 jam di nomor 1500017 atau melalui layanan bebas pulsa di Pusat Bantuan BRImo.BRI Siapkan Rp21 Triliun untuk Memenuhi Kebutuhan Transaksi Masyarakat di Periode Libur Nataru
Jumat 19-12-2025,15:42 WIB
Reporter : Puput Nursetyo
Editor : Puput Nursetyo
Kategori :
Terkait
Jumat 19-12-2025,15:42 WIB
BRI Siapkan Rp21 Triliun untuk Memenuhi Kebutuhan Transaksi Masyarakat di Periode Libur Nataru
Jumat 19-12-2025,07:52 WIB
BRI resmi meluncurkan langkah strategis melalui Launching Corporate Rebranding BRI
Kamis 18-12-2025,11:17 WIB
BRI Konsisten Ciptakan Nilai bagi Negara dan Pemegang Saham, Bagikan Dividen Interim Tahun Buku 2025
Kamis 18-12-2025,10:17 WIB
Gelar RUPSLB, BRI Perkuat Tata Kelola dan Akselerasi Kinerja Tahun 2026
Rabu 17-12-2025,19:07 WIB
Percepat Pemulihan Bencana Sumatra, BRI Terus Salurkan Bantuan di Lebih Dari 40 Lokasi
Terpopuler
Jumat 19-12-2025,10:33 WIB
Ribuan Nelayan Cilacap Ikuti Aksi Damai di Kementerian KKP
Jumat 19-12-2025,13:38 WIB
Terancam Tergusur, Warga Kampung Laut Gelar Aksi Minta Pemkab Berpihak Pada Masyarakat
Jumat 19-12-2025,14:19 WIB
Angka Kekerasan Anak dan Perempuan di Purbalingga Melonjak Tajam
Jumat 19-12-2025,13:35 WIB
Mobil NDX AXA Alami Laka Tunggal di Kemranjen
Jumat 19-12-2025,16:02 WIB
Dirjen Penempatan KP2MI Bekali Lulusan MAN 2 Banyumas Kerja Ke Luar Negeri
Terkini
Jumat 19-12-2025,19:22 WIB
Wartawan Harus Menyampaikan Kritik dan Saran yang Konstruktif
Jumat 19-12-2025,18:33 WIB
Aliansi Masyarakat Peduli dan Pecinta Gunung Slamet Minta Pemkab Tindak Tegas Pelaku Perusakan Lingkungan
Jumat 19-12-2025,18:29 WIB
Ancaman Sanksi Menanti, Pemkab Banjarnegara Kebut Revisi Perda Pajak dan Retribusi
Jumat 19-12-2025,18:02 WIB
Depo Pelita Hadirkan Year End Sale (YES) 2025, Bertabur Promo dan Hadiah
Jumat 19-12-2025,17:17 WIB