BACA JUGA:Mobil Manual Lebih Awet daripada Mobil Matic, Mitos atau Fakta?
Jika kalian merasakan tunda yang lama atau mesin terasa “melontar” dengan RPM yang tinggi tanpa ada perubahan kecepatan, bisa jadi transmisi mengalami masalah.
- Cek suara aneh: Transmisi CVT yang bermasalah kadang-kadang menghasilkan suara berisik, seperti suara berderit atau mendengung saat perpindahan gigi.
2. Overheating pada Transmisi CVT
Masalah lain yang kerap ditemui pada Honda Jazz CVT bekas adalah overheating atau kepanasan pada transmisi.
BACA JUGA:5 Mobil Bekas Era 2000an dengan DP dan Cicilan Ringan
BACA JUGA:Dari Mercedes Hingga MV Garuda, Inilah 8 Mobil Presiden Republik Indonesia
CVT bekerja dengan sistem pendingin yang menjaga agar suhu transmisi tetap stabil.
Namun, jika sistem pendingin tidak berfungsi dengan baik atau ada kebocoran pada saluran pendingin, transmisi bisa mengalami panas berlebih.
Cara Cek:
- Perhatikan indikator suhu mesin: Pastikan suhu mesin tidak melebihi batas normal. Jika indikator suhu mesin menunjukkan angka yang lebih tinggi dari biasanya, bisa jadi ada masalah pada sistem pendinginan transmisi.
BACA JUGA:Daftar Cicilan Kredit Mobil Honda Terbaru di Tahun 2024
BACA JUGA:Daftar Pajak Tahunan Mobil Honda Brio Satya Terbaru 2024
- Periksa cairan transmisi: Pastikan cairan transmisi memiliki warna yang jernih dan tidak berbau terbakar.
Cairan yang terlalu gelap atau berbau terbakar bisa menandakan bahwa transmisi sudah kepanasan.
3. Getaran atau Guncangan saat Berkendara
Getaran atau guncangan saat mobil berakselerasi atau melambat bisa menjadi tanda bahwa ada masalah dengan transmisi CVT atau komponen terkait lainnya.
BACA JUGA:Mobil Tiba-Tiba Tidak Bisa Menyala? Lakukan 5 Hal Ini, Dijamin Langsung Berhasil!
BACA JUGA:Plus Minus Membeli Mobil Bekas Honda Jazz Generasi Pertama