Knalpot Motor Matic Sudah Berkarat ? Simak Cara Menghilangkan Karat pada Knalpot Motor Matic Berikut

Selasa 15-10-2024,14:15 WIB
Reporter : Fahma Ardiana
Editor : Laily Media Yuliana

BACA JUGA:Dampak Positif dan Negatif Saat Ganti Knalpot Motor Matic

BACA JUGA:Wajib Tau! 7 Penyebab dari Keluarnya Asap pada Knalpot Motor Matic

 

Pada umumnya besi cenderung berkarat jika terkena udara atau air. Knalpot sepeda motor matic selalu terbuat dari logam besi atau baja yang mengalami perubahan kimia alami bila terkena hujan atau air laut.

3. Adanya uap air pada pipa knalpot

Pipa knalpot sepeda motor matic mempunyai pipa yang berfungsi mengeluarkan sisa gas buang dan udara yang sangat panas. Sistem pendingin disediakan di lubang pembuangan untuk mencegah udara yang keluar menjadi terlalu panas.

Akibat lain pada saat sistem pendingin sepeda motor matic beroperasi adalah keluarnya uap air. Penyebab utama karat adalah uap air.

Cara Menghilangkan Karat pada Knalpot Motor Matic

Setelah mengetahui beberapa hal yang menyebabkan munculnya karat pada knalpot motor matic di atas, di bawah ini adalah hal-hal yang bisa Anda lakukan untuk menghilangkan karat pada knalpot sepeda motor matic:

1. Soda

Minuman berkarbonasi membantu menghilangkan karat pada pipa knalpot sepeda motor matic. Untuk menggunakannya, tuangkan soda langsung ke area yang berkarat dan tunggu selama 15 menit.

BACA JUGA:5 Langkah Mudah Mengganti Knalpot Motor Matic Sendiri di Rumah

BACA JUGA:7 Cara Merawat Knalpot Motor Matic yang Perlu Kalian Tahu!

 

Bila perlu, bersihkan dengan air dan sikat karat. Bilas dengan air dan lap dengan kain kering hingga permukaan knalpot tidak lagi basah. Cara ini mudah dan tidak menimbulkan terbentuknya karat baru.

2. Pasta Gigi

Pasta gigi tidak hanya memutihkan gigi, tetapi juga menghilangkan karat pada produk baja tahan karat. Karena berbentuk pasta, lebih mudah digunakan dibandingkan minuman berkarbonasi.

Oleskan pasta gigi langsung pada area sepeda motor matic yang berkarat, tunggu sekitar 10 menit, lalu gunakan sikat gigi untuk menghilangkan karat dan membersihkan permukaannya.

BACA JUGA:5 Penyebab Knalpot Motor Matic Ngebul dan Cara Mudah Mengatasinya Tanpa Melepas Mesin

BACA JUGA:Yuk Kenali! Arti Warna Asap Hitam dan Putih Pada Knalpot Motor Matic

Kategori :