Tips Merawat Engine Motor Matic Injeksi Agar Kendaraan Awet dan Panjang Umur

Jumat 04-10-2024,13:51 WIB
Reporter : Fahma Ardiana
Editor : Laily Media Yuliana

RADARBANYUMAS.CO.ID - Saat ini sepeda motor matic menjadi pilihan banyak pengendara. Bodi sepeda motor matic yang beragam, simpel dan mudah dioperasikan saat dikendarai memberikan rasa kepraktisan bagi pengguna sepeda motor matic ini.

Banyak engine atau mesin motor matic yang digunakan telah beralih ke mesin injeksi. Saat ini pilihan engine motor matic semakin beragam. Banyak orang yang memilih motor dengan engine motor matic dan sistem injeksi.

Pasalnya, mesin atau engine injeksi motor matic memiliki keunggulan dibandingkan motor matic yang masih menggunakan engine karburator pada sistem bahan bakarnya. Mesin injeksi otomatis mengadopsi teknologi terkini.

Teknologi tersebut dapat mengurangi konsumsi bahan bakar dan meningkatkan ketahanan mesin serta masa pakai sepeda motor matic dibandingkan sepeda motor matic mesin injeksi karburator.

BACA JUGA:Mau Motor Matic Awet dan Tahan Lama? Simak Tipsnya Berikut Ini

BACA JUGA:Motor Matic Yamaha Fazzio yang Cocok Banget Buat Anak Millenial dan GenZ

 

Selain itu, engine motor matic injeksi juga lebih hemat bahan bakar dibandingkan sepeda motor matic dengan engine karburator.

Tips Merawat Engine Motor Matic Injeksi

Di bawah ini adalah beberapa cara dan tips merawat engine motor matic injeksi, agar kendaraan tetap awet dan panjang umur yang bisa Anda simak dan perhatikan:

1. Pemanasan mesin terlebih dahulu

Mesin sepeda motor matic mungkin perlu dipanaskan di pagi hari atau sesaat sebelum digunakan. Hal ini untuk memastikan proses pembakaran di dalam mesin sepeda motor matic dapat berjalan sempurna sebelum digunakan.

BACA JUGA:Perbedaan Ketiga Tipe Motor Matic Yamaha Lexi, Mana Favoritmu?

BACA JUGA:Daftar Motor Matic Yamaha Keluarga Maxi: Pilihan Skutik Premium!

 

Selain itu, tujuan pemanas adalah untuk memastikan oli mesin melumasi seluruh bagian mesin dan menjaga suhu mesin sepeda motor matic tetap stabil. Yang terbaik adalah memanaskan mesin selama 5-10 menit.

Hal ini dapat dilakukan dengan menyalakan starter berkali-kali saat kontak sepeda motor matic dalam keadaan mati. Hal ini bermanfaat untuk mendistribusikan oli di mesin.

Kategori :