7 Hal yang Wajib Dilakukan Pemilik Motor Matic Usai Berkendara Jarak Jauh

Rabu 02-10-2024,05:35 WIB
Reporter : Fahma Ardiana
Editor : Laily Media Yuliana

BACA JUGA:Perbedaan Tune Up dengan Service yang Harus Pengguna Motor Matic Pahami

BACA JUGA:Ban Belakang Motor Matic Lebih Cepat Gundul, Mitos atau Fakta?

 

Ada berbagai tanda kampas rem sepeda motor matic Anda sudah aus dan perlu diganti, antara lain bunyi derit saat pengereman, tuas rem diturunkan, jumlah minyak rem sepeda motor matic berkurang.

6. Pengecekan Performa Suspensi

Setelah lama dikendarai di berbagai kondisi medan, besar kemungkinan performa suspensi sepeda motor matic menjadi tidak maksimal. Cara sederhana untuk mengecek layak pakai adalah dengan melihat tampilan rumah tabung suspensi.

Jika Anda melihat adanya goresan, noda minyak, atau kotoran, mungkin ada masalah pada suspensi sepeda motor matic Anda, seperti kebocoran oli suspensi.

BACA JUGA:Perawatan Rutin yang Wajib Dilakukan untuk Motor Matic Honda Giorno

BACA JUGA:Motor Matic Murah dengan Perawatan Terjangkau jadi Solusi Berkendara Praktis dan Ekonomis

Jika hal ini terjadi, segera bawa sepeda motor matic Anda ke bengkel umum terdekat untuk pemeriksaan lebih lanjut.

7. Pengecekan Kondisi Ban

Ban merupakan salah satu komponen penting pada sebuah sepeda motor matic, karena mempunyai fungsi penting yaitu menopang bobot sepeda motor matic dan diperlukan untuk menjaga traksi kendaraan di jalan.

Yang perlu diperiksa pada ban sepeda motor matic adalah kondisi ban, yaitu kondisi ban tidak boleh ada retakan, lubang, tanda-tanda keausan, atau noda kosong.

Salah satu cara untuk mengecek keausan ban sepeda motor matic adalah dengan melihat indikator tapak roda (TWI) yang bentuknya seperti anak panah.

Jika permukaan ban menyentuh tanda panah, berarti karet ban sepeda motor matic sudah tipis dan perlu diganti. Pastikan juga tekanan udara memenuhi standar yang direkomendasikan pabrikan sepeda motor matic. 

Untuk menjaga performa sepeda motor matic tetap optimal, pengendara sangat disarankan untuk melakukan prosedur perawatan yang tercantum di atas.

Kategori :