7 Hal yang Wajib Dilakukan Pemilik Motor Matic Usai Berkendara Jarak Jauh

Rabu 02-10-2024,05:35 WIB
Reporter : Fahma Ardiana
Editor : Laily Media Yuliana

Komponen lain yang perlu diperiksa adalah memastikan aki tidak lemah atau rusak agar fungsi kelistrikan sepeda motor matic dapat berfungsi dengan baik, termasuk fungsi starter mesin yang menghidupkan mesin.

BACA JUGA:Tips Berkendara Aman di Tikungan, Pengguna Motor Matic Harus Paham

BACA JUGA:Rincian Biaya Ganti Accu Motor Matic Sesuai dengan Merknya

 

Anda dapat memeriksa aki sepeda motor matic dengan meraba permukaan wadah baterai dan memastikan tidak ada tonjolan yang menandakan baterai mulai rusak.

Selain itu, pantau tegangan aki sepeda motor matic Anda menggunakan voltmeter. Dalam kondisi normal, tegangannya sekitar 12,4 volt.

4. Periksa Filter Udara

Setelah perjalanan jauh, sebaiknya periksa juga komponen filter udara. Jika filter udara sepeda motor matic kotor dan tidak segera dibersihkan, maka akan terasa tarikan yang kuat pada sepeda.

BACA JUGA:Rekomendasi Motor Matic yang Cocok untuk Dikendarai Perempuan, Dijamin Nyaman dan Stylish

BACA JUGA:Bagian Motor Matic yang Perlu Rutin di Tune Up

 

Dalam kasus yang lebih serius, mesin motor matic bisa mati. Tentu saja hal ini akan mempengaruhi efisiensi bahan bakar dan menjadikan sepeda motor matic tidak efisien. 

Cara memeriksa filter Udara sangatlah mudah, pemilik sepeda motor matic hanya perlu membuka kotak filter udara menggunakan obeng.

Biasanya, filter udara sepeda motor maticdiganti setiap 12.000 hingga 15.000 km atau setiap 12 hingga 15 bulan sekali.

5. Periksa Kampas Rem

Selama perjalanan jauh di lalu lintas padat, Anda harus sering mengerem. Hal ini dapat menurunkan performa pengereman dan menipiskan bantalan rem depan dan belakang sepeda motor matic.

Kategori :