Sekda Banyumas Ingatkan Netralitas ASN Pada Pilkada Tahun 2024

Senin 30-09-2024,12:44 WIB
Reporter : Juni R
Editor : Ali Ibrahim

PURWOKERTO, RADARBANYUMAS.CO.ID  - Sekretaris Daerah Kabupaten Banyumas Agus Nur Hadie mengingatkan Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Banyumas, untuk menjaga netralitasnya pada pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah Tahun 2024.

Untuk mewujudkan hal tersebut ia menekankan, agar setiap ASN fokus bekerja sesuai tupoksi masing-masing. 

"Saya mengingatkan kepada ASN untuk besikap netral, pada pelaksanaan pilkada serentak tahun 2024. Laksanakan ketentuan ini dengan penuh integritas dalam menegakkan netralitas sebagai wujud menyukseskan jalannya pilkada serentak tahun 2024," kata dia saat sosialisasi netralitas ASN pada Pilkada Tahun 2024 dan ASN BerAKHLAK di lingkungan RSUD Ajibarang, Sabtu (28/9/24) lalu. 

Ia menuturkan, sebagai negara demokrasi  semuanya bebas berdemokrasi. Tidak ada halangan.

BACA JUGA:Rumah di Banjarnegara Terbakar Akibat Tungku Menyala, Pemilik Tertidur

"Pilihlah sesuai keinginan masing-masing. Jadi netralitas ini bukan tidak memilih, tetapi tidak ikut menjadi partisipan," ujarnya. 

Lanjut, ia berharap selain ASN, tenaga honorer juga bisa bekerja sesuai dengan tugasnya masing-masing. Ia juga meminta agar tidak perlu ada rasa tertekan dengan pelaksanaan pilkada ini. 

"Semua punya tanggung jawab untuk menyukseskan pilkada serentak ini, agar dapat berjalan dengan aman dan damai," ucapnya. 

Soal itu ua sebut, sesuai dengan Core Values ASN BerAKHLAK, yang merupakan akronim dari Berorientasi Pelayanan, Akuntabel, Kompeten, Harmonis, Loyal, Adaptif, dan Kolaboratif. 

BACA JUGA:Soal Pembangunan Pasar Kroya Cilacap, BKB : Jangan Lupakan Sejarah dan Dipolitisir

"Core Values ASN menjadi titik tonggak penguatan budaya kerja, berorientasi pelayanan, akuntabel, kompeten, harmonis, loyal, adaptif, dan kolaboratif," tuturnya. 

Ia juga mendorong agar, ASN senantiasa berorientasi pelayanandan memenuhi kebutuhan masyarakat. Sehingga dengan sepenuh hati akan ramah, cekatan, solutif, dan dapat diandalkan serta melakukan perbaikan tiada henti.

"ASN dalam melaksanakan tugas juga harus jujur, bertanggung jawab, cermat, serta disiplin dan berintegritas tinggi. Menggunakan kekayaan dan barang milik negara secara bertanggung jawab, efektif dan efisien serta tidak menyalahgunakan kewenangan jabatan. Jadi harus akuntabel," pungkasnya. (res)

Kategori :