Penyebab Busi Motor Matic Basah Penuh dengan Oli

Kamis 26-09-2024,14:31 WIB
Reporter : Fahma Ardiana
Editor : Laily Media Yuliana

RADARBANYUMAS.CO.ID - Performa sebuah sepeda motor matic itu ditentukan oleh kondisi komponen kendaraan yang mengoptimalkan performanya. Salah satu komponen yang penting pada sepeda motor matic adalah busi.

Performa sepeda motor matic Anda akan menurun jika busi motor matic basah penuh dengan oli. Oleh karena itu, penting untuk mengetahui apa saja penyebab busi sepeda motor matic basah terkena oli. 

Dikutip dari berbagai laman otomotif, busi sepeda motor matic yang basah oleh oli dapat menyebabkan masalah pada mesin motor matic dan mempengaruhi kualitas berkendara.

Tentu saja, jika hal ini tidak diatasi, akan terjadi masalah serius pada mesin kendaraan sepeda motor matic Anda.

Penyebab Busi Motor Matic Basah Oli

Penyebab busi motor matic basah oleh oli umumnya terjadi pada bagian tertentu pada mesin kendaraan. Di bawah ini detail mengenai hal-hal yang menyebabkan busi motor matic basah penuh dengan oli yang harus diperhatikan.

1. Gasket Mesin Bocor

Hal utama yang menyebabkan busi sepeda motor matic Anda jadi basah terkena oli adalah adanya gasket mesin motor atic yang bocor.

BACA JUGA:Cara Mematikan Bunyi Beep pada Motor Matic Honda Vario 150, Cukup Tekan Tombol ini

BACA JUGA:Simulasi Kredit Syariah Motor Matic Yamaha Nmax Neo Terbaru 2024, Cicilan Aman Mulai Rp1 Jutaan

 

Kerusakan atau keausan pada part ini juga dapat menyebabkan oli motor matic bocor dan mengalir ke busi sepeda motor matic sebagai titik pembakaran.

2. Kerusakan pada Lubang Pembakaran

Jika ada kerusakan lubang pembakaran di kepala silinder pada sepeda motor matic juga dapat menyebabkan busi basah oleh oli. Kondisi ini tentunya menimbulkan masalah pada sepeda motor matic Anda. 

Artinya oli masuk ke ruang bakar sepeda motor matic dan menimbulkan masalah pada proses pembakaran mesin sepeda motor matic Anda.

Kategori :