5 Kelemahan Motor Listrik Super Soco VS3, Pertimbangan Sebelum Membeli

Selasa 17-09-2024,05:06 WIB
Reporter : Okta Novanto
Editor : Puput Nursetyo

Meskipun motor listrik ini dirancang untuk membawa barang, beban berat motor itu sendiri bisa membuat pengendara merasa tidak nyaman, terutama saat harus melewati tanjakan atau melintasi medan yang lebih menantang.

3. Jarak Tempuh Terbatas

Kelemahan lain yang sering disoroti pada Motor Listrik Super Soco VS3 adalah jarak tempuh yang terbatas. Walaupun motor ini dilengkapi dengan baterai yang mampu memberikan daya cukup, namun jarak yang bisa ditempuh dengan sekali pengisian daya penuh seringkali tidak memadai untuk penggunaan jarak jauh. 

Untuk pengendara yang membutuhkan kendaraan dengan mobilitas tinggi atau harus sering melakukan perjalanan jauh, keterbatasan jarak tempuh ini bisa menjadi kendala. Mengisi daya berulang kali dalam sehari mungkin akan menjadi aktivitas yang cukup merepotkan.

4. Waktu Pengisian Daya yang Lama

Motor listrik seperti Super Soco VS3 memang menawarkan efisiensi bahan bakar karena tidak menggunakan bensin, namun kelemahan yang sering kali muncul adalah waktu pengisian daya baterai yang relatif lama. 

BACA JUGA:5 Kelemahan Motor Listrik Larriz LV, Sayangnya Maksimal Kecepatan Hanya 60 KPJ

BACA JUGA:5 Kelebihan Motor Listrik Larriz LV, Pilihan Terbaik untuk Desain Vespa Murah

Dibandingkan dengan pengisian bahan bakar pada motor konvensional yang hanya memakan waktu beberapa menit, pengisian daya baterai motor listrik bisa memakan waktu beberapa jam. 

Bagi pengguna yang membutuhkan motor untuk operasional sehari-hari atau pengiriman cepat, waktu pengisian yang lama ini bisa menghambat produktivitas, terutama jika tidak tersedia stasiun pengisian cepat di sekitar.

5. Harga Baterai Pengganti yang Tinggi

Kelemahan lain yang patut menjadi perhatian adalah biaya penggantian baterai motor listrik yang relatif tinggi. Baterai adalah komponen vital dalam motor listrik dan memiliki umur pakai tertentu. Setelah beberapa tahun, baterai akan kehilangan kapasitasnya dan perlu diganti. 

Harga baterai pengganti pada Motor Listrik Super Soco VS3 cukup mahal, sehingga bisa menjadi beban finansial tambahan bagi pemilik motor. 

BACA JUGA:Mau Hemat Listrik? Nih Harga Motor Listrik Selis E-Max Cuma Rp 15 Jutaan, Murah dan Nggak Bikin Pusing!

BACA JUGA:Kelebihan dan Kekurangan Motor Listrik Zeeho ZH5000DT

Meskipun motor listrik menawarkan penghematan biaya operasional sehari-hari, biaya perawatan dalam jangka panjang, terutama untuk baterai, bisa cukup signifikan.

Kategori :