Asyik banget, Siswa SDIT Harum Belajar di Kebun Melon

Jumat 13-09-2024,15:29 WIB
Reporter : Budi Cahyo Utomo
Editor : Bayu Indra Kusuma

PURBALINGGA, RADARBANYUMAS.CO.ID - Sebanyak 145 siswa kelas 3 SDIT Harapan Ummat (Harum) Purbalingga nampak riang gembira pada Kamis (12/9) kemarin.

Mereka merasakan asyiknya belajar langsung di Kebun Melon yang dikelola Artansi Chandra Kahuripan, sebuah agroeduwisata Desa Karangpucung Kecamatan Kertanegara.

Ya, para siswa SDIT Harum itu sedang mengikuti outing class tentang pembelajaran bercocok tanam yang baik. Para siswa belajar secara langsung  tentang cara pembibitan, penanaman, dan perawatan tanaman seperti sayuran, dan buah buahan khususnya buah melon.

Para siswa nampak senang dan antusias dalam mengikuti outingclass kali ini. Proses outing ini dibagi menjadi beberapa kelompok dan segmen, yaitu ada kelompok pengolahan lahan dan polybag, pembibitan, penanaman, perawatan dan pemanenan.

BACA JUGA:Bangun Persatuan, Parenting SDIT Harum Gelar Lomba Pitulasan

BACA JUGA:700 Siswa SDIT Harapan Ummat Ikuti Sosialisasi Anti Bullying

Humas SDIT Harum, Munibulloh  mengatakan, pembelajaran yang  dilakukan secara langsung di lapangan akan memberikan gambaran dan pengalaman yang  sesungguhnya tentang seluk beluk dunia pertanian khususnya tanaman sayur dan buah.

"Hal ini cukup berkesan bagi anak-anak. Mereka akan lebih mudah menerima dan memahami materi pelajarannya," tambah Bu Dita selaku koordinator guru level 3 SDIT Harapan Ummat.

Dalam outing class kali ini, selain mendapat ilmu dan pengalaman yang diberikan para mentor eduagrowisata Artansi,  mereka juga mendapatkan bibit tanaman melon untuk di tanam di rumah masing masing. Anak anak diharapkan bisa mempraktekan ilmu yang telah didapat dari outing class ini.

"Semoga di masa yang akan datang tumbuh petani-petani muda yang bisa membangun dunia pertanian yang lebih maju," imbuhnya. (ads)

Kategori :