KPU Kabupaten Cilacap : Partisipasi Kepesertaan Pemilih di 4 Kecamatan yang Masih Rendah Jadi PR Kami

Rabu 11-09-2024,17:22 WIB
Reporter : Julius Purnomo
Editor : Susi Dwi Apriani

CILACAP, RADARBANYUMAS.CO.ID - Persentase partisipasi pemilih untuk Pemilu di 4 kecamatan yang ada di Kabupaten Cilacap, masih tergolong rendah menjadi pekerjaan rumah bagi Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Cilacap.

Dimana 4 kecamatan yaitu Cimanggu, Cipari, Bantarsari dan Kampunglaut tidak melebihi 70 persen dari jumlah Daftar Pemilh Tetap (DPT) di masing- masing kecamatan tersebut.

"Kampunglaut, Cimanggu, Bantarsari persentasenya 69,57 %, Kemudian Kecamatan Cipari sebanyak 68, 45 %," kata Komisioner KPU Divisi SDM M. Muhni, Rabu (11/9/2024).

Menurutnya, kurangnya partisipasi tersebut diakibatkan oleh beberapa faktor seperti merantau, ada juga yang sudah pindah keluar daerah, sehingga yang bersangkutan tidak bisa hadir di TPS.

BACA JUGA:Meski Hujan Sempat Turun, BPBD Cilacap Terus Distribusikan Air Bersih

BACA JUGA:Masyarakat di Kabupaten Cilacap Diminta Waspada Terhadap Cuaca Ekstrem

"Mereka berhalangan hadir ke TPS, ada yang sudah pindah, merantau dan faktor-faktor lain," tandasnya.

Untuk mengantisipasi hal itu, pihaknya bersama Pemkab Cilacap masiv melakukan sosialisasi serta pendidikan politik terutama di 4 kecamatan serta di wilayah lain yang persentase kepesertaan pemilihnya masih kurang.

"Kemarin di Cimanggu kita lakukan sosialisasi nanti bertahap di 4 kecamatan lainya kemudian menyusul lokasi lain yang kita anggap partisapasi masih belum cukup," pungkasnya. (jul)

Kategori :