Gelap, Belum Ada LPJU di Ruas Jalan ke Jembatan Wirasana-Kalikajar

Selasa 10-09-2024,14:35 WIB
Reporter : Amarullah Nur Cahyo
Editor : Bayu Indra Kusuma

PURBALINGGA,RADARBANYUMAS.CO.ID - Pemkab Purbalingga melalui Dinas Perhubungan (Dinhub) Kabupaten Purbalingga telah menyelesaikan dan meresmikan jembatan Wirasana-Kalikajar (Jembatan Wika).

Jembatan penghubung dua kecamatan yaitu Kaligondang dan Purbalingga itu, masih menyisakan belum ada lampu penerangan jalan umum (LPJU).

"Kalau akses jadi dekat dan bagus kami sangat berterimakasih kepada pemerintah, namun penerangan jalan belum ada, gelap gulita saat malam tiba," kata warga kota, Rusmanto, Selasa 11 September 2024.

Suasana agak terlihat ada lampu jalan warga saat di ruas jalan Kalikajar. Lalu menjelang jembatan sampai Wirasana, tidak ada LPJU. "Alangkah baiknya segera dipasang LPJU. Jadi lebih nyaman saat melinta di jalan itu," tambahnya.

BACA JUGA:Waktu Mepet, Pembangunan Lanjutan Akses Jalan ke Jembatan Wika Urung Dilaksanakan

BACA JUGA:Akses Jalan ke Jembatan Wika Diselesaikan dengan Anggaran APBD Perubahan

Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Purbalingga, Raditya Widayaka menjelaskan, tahun ini belum ada pemasangan di ruas jalan yang dinilai gelap itu. Karena jalan juga belum rampung atau kemungkinan akan ada penanganan jalan.

"Jadi kami menunggu jalan jadi dulu, baru diberi LPJU. Kalau jalan belum siap, ketika dipasang LPJU, nanti bisa berubah lagi letak tiang lampunya. Tunggu jalan siap dulu," tegasnya.

Kedepan, kebijakan soal lampu jalan, akan dievaluasi lagi. Misalnya akan dipasang di titik mana saja, menjadi kewenangan bupati. Harapannya, semua akan lebih merata.

Pada tahun 2024 ini akan ada penambahan  unit baru sebanyak 173 unit. Sehingga tahun selanjutnya dibutuhkan anggaran yang berbeda dari tahun ini.

Kategori :