Masyarakat Cilacap dan Sekitarnya Diminta Waspada, Peralihan Musim Kemarau ke Musim Hujan

Senin 09-09-2024,17:10 WIB
Reporter : Rayka Diah Setianingrum
Editor : Susi Dwi Apriani

CILACAP, RADARBANYUMAS.CO.ID - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Meteorologi Cilacap memprakirakan, musim hujan untuk sebagian Kabupaten Cilacap dan sekitarnya baru akan dimulai pada bulan Oktober 2024. 

Kepala Kelompok Teknisi BMKG Meteorologi Tunggul Wulung Cilacap, Teguh Wardoyo mengatakan, pada peralihan musim kemarau ke musim hujan seperti saat ini, perlu diwaspadai potensi cuaca ekstrem.

"Saat ini di bulan Agustus ada potensi hujan namun intensitasnya masih katagori rendah," ujar Teguh, Senin (9/9/2024). 

Dikatakan Teguh, hujan kategori ringan masih berpotensi hingga lima hari ke depan. Hal ini disebebkan adanya fenomena MJO yang aktif di Samudera Hindia dan adanya gelombang Rossby yang juga aktif. 

BACA JUGA:Gelombang Tinggi Hantam 7 Kios di Pantai Sodong Cilacap

BACA JUGA:Perbaikan Dokumen Administrasi 4 Paslon Peserta Pilkada 2024 Cilacap Lengkap

"Perlu diwaspadai adanya potensi cuaca ekstrem seperti hujan disertai petir, angin puting beliung pada masa peralihan musim kemarau ke musim hujan," kata Teguh. 

Selain itu, masyarakat juga perlu memperhatikan lingkungan sekitar. Seperti antisipasi pohon tumbang akibat angin kencang, masyarakat juga telah memangkas pohon-pohon yang sudah mulai rapuh. 

"Antisipasi masyarakat jika di luar rumah yang perjalanan jauh bisa sedia payung dan jas hujan. Kemudian jika melihat awan comulonimbus bisa dihindari, awan tersebut hitam pekat," kata dia. (ray)

Kategori :