Gelombang Tinggi hingga 4 Meter di Perairan Selatan Cilacap Masih Berpotensi Terjadi hingga Awal Pekan

Minggu 08-09-2024,17:43 WIB
Reporter : Rayka Diah Setianingrum
Editor : Susi Dwi Apriani

CILACAP, RADARBANYUMAS.CO.ID - Gelombang tinggi di perairan selatan Cilacap hingga 4,0 meter masih berpotensi terjadi hingga awal pekan. Masyarakat maupun nelayan diminta untuk tetap waspada saat bermain ke pantai maupun mencari ikan.

Kepala Kelompok Analis BMKG Cilacap, Teguh Wardoyo mengatakan, ketinggian gelombang mencapai 2,5 sampai 4,0 meter. Untuk itu pihaknya mengeluarkan peringatan dini.

"Potensi gelombang tinggi berpotensi terjadi di wilayah Samudera Hindia selatan Cilacap dan perairan selatan Cilacap," katanya. 

Faktor gelombang tinggi tersebut dikarenakan kecepatan angin yang berkisar 25 knot. 

BACA JUGA:Kasus Stunting Hingga Pertengahan 2024 Masih Tinggi, Ini Upaya Pemkab Cilacap

BACA JUGA:Dispertan Cilacap Sediakan 1.000 Vaksin Cegah Rabies

"Arah angin bagian utara umumnya bertiup dari arah selatan hingga barat kecepatan berkisar antara 4-20 knot, kemudian bagian selatan dari arah timur - tenggara 8 - 25 knot," katanya. 

Dia mengimbau kepada nelayan yang hendak melaut diminta untuk waspada, terutama bagi kapal nelayan yang berukuran di bawah 30 gross ton.

"Ini cukup membahayakan untuk nelayan perahu kecil. Jika hendak melaut harus waspada dan hati-hati, jangan melebihi 5 kilometer dari garis pantai," katanya.

Pihaknya juga mengimbau, agar kapal angkutan wisata untuk menyediakan life jacket atau pelampung untuk meningkatkan kewaspadaan. (ray)

Kategori :