Gelombang Tinggi Masih Berpotensi Terjadi di Cilacap, Masyarakat Pesisir Diminta Waspada

Minggu 01-09-2024,18:35 WIB
Reporter : Rayka Diah Setianingrum
Editor : Susi Dwi Apriani

CILACAP, RADARBANYUMAS.CO.ID  - Gelombang tinggi di perairan selatan Cilacap hingga masih berpotensi terjadi, salah satunya di Pantai Sodong. Masyarakat pun diminta untuk tetap waspada saat bermain ke pantai. 

Kepala UPT BPBD Kroya, Mijan mengatakan,  gelombang tinggi terjadi di wilayah Cilacap bagian timur seperti di Pantai Sodong, Adipala. 

"Pagi ini, terjadi peningkatan gelombang tinggi, ketinggian pasang air laut maksimum di wilayah pesisir selatan Cilacap" katanya, Minggu (1/9/2024).

Dia mengatakan, hal tersebut pun secara umum berdampak pada aktivitas masyarakat di sekitar pesisir, seperti aktivitas nelayan, aktivitas di pemukiman pesisir, serta aktivitas tambak garam dan perikanan darat.

BACA JUGA:Masih Dijumpai Pembalakan Liar Pohon Mangrove di Cilacap

BACA JUGA:4 Paslon Untuk Pilkada Cilacap Jalani Pemeriksaan Kesehataan di RSUD Margono Soekarjo

"Berdasarkan imbauan BMKG masih ada potensi gelombang tinggi 2,5 meter di Kabupaten Cilacap. Jadi masyarakat perlu waspada," kata dia.

Pihaknya memastikan mamastikan early warning system (EWS) yang ada di pantai dalam keadaan baik. 

“Biasanya jika ada potensi gelombang tinggi kita sosialisasi ke masyarakat pesisir kita melakukan patroli rutin bersama relawan memastikan nantinya tidak memberikan dampak yang signifikan bagi sekitar," ujar Mijan. (ray)

Kategori :