Pemeriksaan Kesehatan Dua Paslon Cabup-Cawabup Banjarnegara Melibatkan 38 Dokter Spesialis

Minggu 01-09-2024,17:52 WIB
Reporter : Pujud Andriastanto
Editor : Susi Dwi Apriani

BANJARNEGARA, RADARBANYUMAS.CO.ID - Sebanyak 26 bakal pasangan calon bupati dan wakil bupati dari enam kabupaten di Banyumas Raya, termasuk Banjarnegara, menjalani pemeriksaan kesehatan di RSUD Margono, Paviliun Abiyasa, Purwokerto, pada Sabtu (31/8/2024). 

Wakil Direktur Pelayanan dan Kerjasama RSUD Margono, Lucas Pedro menjelaskan, rumah sakit tersebut ditunjuk untuk melakukan pemeriksaan kesehatan bagi para calon kepala daerah atas rekomendasi Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Tengah. 

“Kami telah menyiapkan tim yang terdiri dari 38 dokter spesialis, serta tim pemeriksaan fisik dan narkoba yang bekerja sama dengan BNN. Tujuannya adalah memastikan bahwa para calon kepala daerah memiliki kondisi kesehatan yang prima,” ujar Lucas dalam konferensi pers.

Para pasangan calon, termasuk dari Banjarnegara, telah mulai menjalani rawat inap sejak Jumat (30/8/2024) untuk mempersiapkan pemeriksaan fisik dan psikis selama dua hari.

BACA JUGA:Pemeriksaan Kesehatan Calon Bupati dan Calon Wakil Bupati Banjarnegara Resmi Dimulai

BACA JUGA:Hanya Dua Paslon yang Maju, 16 Parpol Nyatakan Sikap di Pilkada Banjarnegara 2024

Pemeriksaan mencakup seluruh sistem dan organ tubuh, seperti jantung, mata, gigi, THT, dan lainnya. 

“Kesimpulan atau rekomendasi hasil pemeriksaan akan disampaikan kepada KPU setelah rapat pleno pada 3 September 2024,” lanjut Lucas.

Ketua Tim Pemeriksaan, Yunanto Dwi, menambahkan bahwa fokus pemeriksaan adalah memastikan kesehatan seluruh sistem organ tubuh dan kesehatan jiwa para calon. 

“Semua calon menjalani rawat inap untuk memudahkan pengaturan pemeriksaan, terutama karena istirahat yang cukup sangat mendukung penilaian kesehatan jiwa,” jelasnya.

Pasangan calon Amalia Desiana-Wakhid Jumali mengungkapkan bahwa mereka siap menjalani pemeriksaan selama dua hari. 

“Alhamdulillah, semalam kami bisa tidur nyenyak. Mohon doanya agar proses pemeriksaan ini berjalan lancar dan kami mendapatkan hasil yang maksimal,” ujar Amalia. 

Sementara itu, pasangan Bugar Wijiseno-Fahmi Umar Irawan juga menyatakan kesiapannya.

“Kami sengaja diinapkan di RS Margono untuk beristirahat agar tenang saat menjalani pemeriksaan. Mohon doanya dari masyarakat Banjarnegara agar proses ini berjalan lancar,” kata Bugar.

Ketua KPU Kabupaten Banjarnegara, M. Syarif SW menegaskan, pemeriksaan kesehatan sangat penting untuk memastikan bahwa calon bupati dan wakil bupati sehat secara jasmani, rohani, dan bebas dari narkoba.

Kategori :