Cara Menghidupkan Motor Matic NMAX yang Akinya Soak

Selasa 03-09-2024,14:35 WIB
Reporter : Fahma Ardiana
Editor : Laily Media Yuliana

Nah, kalau darurat, lock-up atau engine brake mungkin solusinya, tapi kalau bukan darurat, segera bawa sepeda motor matic Anda ke bengkel untuk diisi ulang atau diganti akinya.

Berapa lama aki motor matic Yamaha NMAX bertahan? 

Motor matic Yamaha NMAX generasi pertama sudah hadir kurang lebih 5 tahun lamanya. Jika Anda pemilik motor matic Yamaha NMAX generasi pertama ini, mungkin sudah sering mengalami gejala aki mati atau aki soak.

Aki sepeda motor matic standar ini memiliki umur yang panjang. Namun, mengganti aki dapat memperpendek masa pakai baterai, terutama jika aki dibuat oleh produsen yang berbeda dari baterai standar.

Tanda aki sepeda motor matic Yamaha NMAX sudah harus ganti

Agar sepeda motor matic Anda tidak terdorong ke jalan karena aki rusak, ada baiknya Anda mengetahui tanda-tanda aki sepeda motor matic Anda perlu diganti, apalagi jika itu adalah sepeda non-kickstart seperti Yamaha NMAX ini.

1. Penggunaan lebih dari 2 tahun 

Masa pakai sebenarnya pada aki sepeda motor matic adalah 1,5 hingga 2 tahun. Oleh karena itu, setelah dua tahun, atau jika terdapat tanda-tanda penurunan performa, sebaiknya baterai segera diperiksa dan diganti dengan yang baru.

BACA JUGA:Gampang, Sob! Begini Cara Mengerem Motor Matic yang Benar dan Aman

BACA JUGA:4 Motor Matic Murah 150cc yang Layak Dipertimbangkan

 

Penggantian ini sebaiknya segera dilakukan daripada menunggu sepeda motor matic tiba-tiba rusak.

2. Starter elektrik tidak berfungsi

Jika aki mulai rusak, maka sepeda motor matic dengan starter elektrik akan sulit atau tidak dapat dihidupkan.

Mungkin diperlukan beberapa kali starter sebelum mesin sepeda motor matic akhirnya hidup, atau jika sepeda Anda masih memiliki kickstarter, sebaiknya mulai dengan kickstarter ini.

3. Klakson sepeda motor kurang nyaring dan lampu redup

Kategori :