Cara Menghidupkan Motor Matic NMAX yang Akinya Soak

Selasa 03-09-2024,14:35 WIB
Reporter : Fahma Ardiana
Editor : Laily Media Yuliana

RADARBANYUMAS.CO.ID - Salah satu masalah paling umum pada sepeda motor matic baru dan lama adalah aki yang soak alias mati.

Aki mati ini berarti Anda tidak dapat menghidupkan sepeda motor matic, namun hal ini sebenarnya dapat diatasi dengan kickstarter.

Nah masalahnya sepeda motor matic Yamaha NMAX ini tidak ada kickstarternya, sehingga banyak pengguna yang bingung dan mengira mesin sepeda motor maticnya sudah rusak. 

Meski tidak ada kickstarter, namun ada cara untuk menghidupkan sepeda motor matic Yamaha NMAX meski aki sudah soak. Semua pengguna sepeda motor matic Yamaha NMAX dan sejenisnya harus mengetahui cara ini.

Cara Menghidupkan Motor Matic Yamaha NMAX yang Akinya Soak

Sepeda motor matic Yamaha NMAX hanya dilengkapi dengan starter elektrik, sehingga penggunanya mudah takut jika terjadi kerusakan mendadak. Ternyata ada cara menghidupkan sepeda motor matic Yamaha NMAX yang akinya mati. 

BACA JUGA:Mau Kredit Motor Matic Mio M3 Tapi Gak Pengen Riba? Bisa Lewat Cicilan Syariah Tanpa Bunga

BACA JUGA:Begini Solusi Motor Matic Tidak Bisa Distarter, Jangan Panik!

Anda bisa menggunakan jumper, yang di mana jumper ini bekerja dengan cara menyambungkan aki yang rusak ke aki yang masih bagus atau cukup menggunakan kabel penghubung terminal positif dan negatif.

Selain itu, sebenarnya ada cara lain untuk mengatasi sepeda motor mogok, yaitu engine brake.

Caranya adalah dengan mendorong sepeda motor terlebih dahulu hingga kecepatan yang baik, lalu memasukkannya ke gigi 2.

Sayangnya cara ini tidak bisa dilakukan pada sepeda motor matic karena engine brake pada sepeda motor matic hanya berfungsi saat putaran mesin di atas 2.000 rpm.

BACA JUGA:Cara Memperbaiki Ban Belakang Motor Matic yang Goyang, Perlukah Ganti yang Baru?

BACA JUGA:Inilah Penyebab Motor Matic Ngegas Sendiri, Jangan Disepelekan!

 

Kategori :