Oli Murah vs Oli Mahal , Mana yang Lebih Aman untuk Motor Matic ?

Sabtu 31-08-2024,18:51 WIB
Reporter : Fahma Ardiana
Editor : Laily Media Yuliana

Oleh karena itu, oli murah jarang ada yang mengandung bahan aditif yang melindungi bagian-bagian mesin. Selain itu, penggunaan oli yang murah dan berkualitas rendah juga mempengaruhi kinerja mesin.

2. Efek Pada Komponen Mesin 

Oli sepeda motor matic yang dijual dengan harga mahal biasanya terbuat dari bahan berkualitas tinggi untuk memberikan pelumasan yang maksimal serta mengurangi keausan dan gesekan pada bagian-bagian mesin.

BACA JUGA:Nih 7 Daftar Harga Motor Matic Murah dan Irit Bensin, Cocok Banget Buat Mahasiswa Akhir!

BACA JUGA:7 Motor Matic Murah yang Cocok untuk Driver Shopee Food

Ini memastikan respons motor matic lebih cepat. Sebagai catatan tambahan, mesin motor matic yang diisi oli mahal cenderung lebih senyap. Hal ini karena oli melumasi seluruh bagian mesin motor matic dengan sempurna. 

Sebaliknya, harga oli yang murah membuat mesin sepeda motor matic tidak terlumasi secara maksimal. Hal ini masih dapat menyebabkan gesekan antar komponen dan menyebabkan keausan komponen sepeda motor matic. 

Pelumasan komponen mesin tidak optimal sehingga mengurangi tenaga putaran mesin sepeda motor matic. Bahkan penggunaan oli berkualitas rendah pun dapat merusak komponen di dalam mesin sepeda motor matic.

3. Umur Oli

Oli sepeda motor matic berkualitas tinggi mempunyai umur lebih panjang dan memberikan perlindungan lebih baik dalam jangka panjang.

BACA JUGA:Cara Merawat Motor Matic Honda PCX 160 Agar Awet dan Berkendara Lebih Aman

BACA JUGA:Butuh Motor Matic Harian yang Murah Tapi Pengin Tampil Elegan? ini Rekomendasinya

Oli yang dijual dengan harga tinggi dibuat dari bahan baku yang bermutu tinggi sehingga tidak mudah menguap dan mutunya tidak berubah.

Penggunaan oli epeda motor matic berkualitas tinggi dapat mengurangi frekuensi penggantian oli. Biasanya oli diganti sebulan sekali, tapi tergantung jarak tempuh, oli bisa diganti dua bulan sekali.

Oli sepeda motor matic yang dijual lebih murah cenderung kurang tahan lama dan harus diganti lebih cepat dibandingkan oli yang lebih mahal. Selain itu, oli yang lebih murah dapat menguap jika terkena panas, sehingga mengurangi jumlah oli di dalam mesin. 

Oleh karena itu, perlu dilakukan pengecekan level dan kondisi oli sepeda motor matic secara berkala. Sebagai pengendara sepeda motor matic Anda harus mengetahui pentingnya fungsi oli tersebut.

Kategori :