Oli Murah vs Oli Mahal , Mana yang Lebih Aman untuk Motor Matic ?

Sabtu 31-08-2024,18:51 WIB
Reporter : Fahma Ardiana
Editor : Laily Media Yuliana

RADARBANYUMAS.CO.ID - Saat ini banyak merk dan tipe oli untuk mesin kendaraan termasuk untuk sepeda motor matic. Ada yang harganya puluhan ribu per liter, bahkan ada pula yang harganya mencapai ratusan ribu.

Banyak orang yang beranggapan bahwa menggunakan oli sepeda motor matic murah dan oli sepeda motor matic mahal memiliki manfaat yang sama, yaitu melumasi mesin sepeda motor matic. Asumsi ini memang tidak salah.

Fungsi oli adalah untuk melumasi mesin kendaraan Anda, tak terkecuali mesin sepeda motor matic. Namun kualitas pelumasan berbeda antara oli mahal dan oli murah.

Berikut di bawah ini adalah beberapa perbedaan oli motor mahal vs oli motor murah yang perlu Anda pahami agar tau mana yang lebih baik untuk sepeda motor matic Anda.

1. Perbedaan Bahan Oli

Oli sepeda motor matic yang mahal umumnya dibuat dari bahan yang lebih berkualitas.

BACA JUGA:Motor Matic Scoopy Jadi Salah Satu Motor Matic Murah di Tahun 2024 ? Simak Harga Terbaru dan Spesifikasinya

BACA JUGA:Selain Jadi Motor Matic Murah , Inilah Beberapa Funfact Lain Motor Matic Honda BeAt yang Jarang Diketahui

Komposisi oli sepeda motor matic ini telah dikembangkan dan diformulasikan secara khusus untuk perlindungan mesin sepeda motor matic yang optimal.

Oleh karena itu, oli sepeda motor matic yang mahal biasanya mengandung bahan aditif yang melindungi bagian-bagian mesin dari keausan, gesekan, dan korosi.

Selain itu, aditif ini mempunyai kemampuan untuk membersihkan endapan kompartemen mesin sepeda motor matic yang terbentuk selama pembakaran.

Oleh karena itu, oli yang mahal biasanya menjamin kinerja mesin motor matic yang stabil dan sekaligus memperpanjang umur komponen di dalam mesin. Oli yang dijual murah biasanya dibuat dengan bahan berkualitas rendah.

BACA JUGA:Nih Harga Motor Matic Yamaha Mio S Terbaru! Murah Banget, Cocok buat Diajak Ngebut ke Acara Keluarga!

BACA JUGA:Nggak Sampai Rp 20 Juta! Cek Harga Motor Matic Yamaha Mio yang Bisa Bikin Kamu Tetap Gaya

Tentu saja produsen oli murah hanya mencari harga jual terendah. Namun semakin murah Harga sebuah oli sepeda motor matic, maka semakin baik pula penjualannya. 

Kategori :