Ribuan Massa Iringi Pendaftaran Paslon Tiwi-Hendra, Berkas Diterima Sah

Rabu 28-08-2024,17:00 WIB
Reporter : Amarullah Nur Cahyo
Editor : Bayu Indra Kusuma

PURBALINGGA, RADARBANYUMAS.CO.ID - Pasangan Bakal Calon Bupati dan Calon Wakil Bupati Purbalingga, Dyah Hayuning Pratiwi-Mahendra Farizal (Tiwi-Hendra) resmi mendaftar ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Purbalingga, Rabu 28 Agustus 2024. Pasangan petahana tersebut diantar oleh arak-arakan ribuan massa yang terdiri dari unsur partai pengusung, komunitas pengemudi ojek online (ojol), hingga santri nahdliyin.

Usai prosesi pendaftaran dan berkas, jajaran partai koalisi menggelar jumpa pers di area Aula KPU setempat. Ketua  Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Purbalingga HR Bambang Irawan mengatakan, paslon Tiwi-Hendra diusung delapan partai untuk maju di Pilkada Purbalingga.

Kedelapan partai tersebut masing-masing PDI-P, Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Partai Amanat Nasional (PAN), Partai Persatuan Pembangunan (PPP), Partai Nasdem, Partai Solidaritas Indonesia (PSI), Partai Perindo dan Partai Hanura.

"Dengan dukungan seluruh partai ini, kami optimis pasangan Tiwi-Hendra dapat meraih kemenangan 80 persen," ungkapnya.

BACA JUGA:Tambah Nasdem, Total 8 Parpol Bakal Usung Tiwi-Hendra

BACA JUGA:PDIP Resmi Tetapkan Rekomendasi ke Tiwi-Hendra

Pada kesempatan yang sama, Bakal Calon Bupati Purbalingga, Dyah Hayuning Pratiwi mengungkapkan ada sederet program untuk melanjutkan pembangunan di Kabupaten Purbalingga. Program prioritas ke depan akan lebih fokus pada pembangunan infrastruktur.

"Periode kemarin kami hanya diberi waktu 3,5 tahun, sehingga masih banyak pekerjaan rumah yang perlu kita selesaikan. Untuk itu pembangunan infrastruktur akan menjadi program unggulan nomor satu apabila kami dipercaya masyarakat Purbalingga untuk melanjutkan kepemimpinan," tegasnya.

Sementara itu, Bakal Calon Wakil Bupati Purbalingga, Mahendra Farizal juga berkomitmen untuk menguatkan ekonomi kerakyatan melalui Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM).

"Saya berkomitmen memajukan UMKM lokal dengan memberikan dana hibah serta memberikan pelatihan untuk mengoptimalkan pemasaran. Ke depan, UMKM Purbalingga akan punya brand sendiri yang dikenal di seluruh Indonesia," ujarnya.

BACA JUGA:Teka-teki Terjawab, Rekomendasi PKB Turun untuk Pasangan Tiwi-Hendra dalam Pilkada Purbalingga

BACA JUGA:Pasangan Tiwi-Mahendra Resmi Didukung PSI

Ketua KPU Kabupaten Purbalingga, Zamaahsari menjelaskan, pihaknya sudah mengecek Silon. Hasilnya total perolehan suara gabungan partai politik pengusul sudah melebihi syarat minimal pengusulan bakal paslon di Kabupaten Purbalingga yakni minimal sebanyak 43.225 suara. Sebagaimana diketahui total perolehan suara pada Pemilu 2024 di Purbalingga mencapai 576.330 suara.

"Jika ditotal perolehan suara sah dari partai pengusul pasangan calon yakni  Pasangan Hj. Dyah Hayuning Pratiwi, SE, B.Econ, MM beserta Bapak H. Mahendra Farizal menjadi 337.465 suara," rincinya.

KPU Kabupaten Purbalingga selanjutnya melakukan pengecekan dokumen persyaratan pencalonan dan syarat calon baik yang diserahkan langsung maupun yang sudah terunggah di Silon. Setelah melakukan pengecekan disaksikan Bawaslu Purbalingga, Ketua KPU Kabupaten Purbalingga menyatakan dokumen pendaftaran lengkap, sehingga dinyatakan diterima.

Kategori :