Warga Desa Karangtengah Cilongok Periksa Kesehatan Di Atas Kereta Api

Rabu 28-08-2024,12:53 WIB
Reporter : Dimas Prabowo
Editor : Ali Ibrahim

BANYUMAS, RADARBANYUMAS.CO.ID - PT Kereta Api Indonesia (Persero) Daerah Operasi 5 Purwokerto kembali menghadirkan Rail Clinic atau Kereta Kesehatan, sebagai wujud tanggung jawab sosial kepada masyarakat, terutama yang berada di sepanjang jalur kereta api, Rabu (28/8/2024).

Program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) ini bertujuan memberikan layanan kesehatan dan pengobatan gratis serta edukasi kesehatan kepada masyarakat yang membutuhkan, terutama mereka yang tinggal di dekat jalur kereta api atau yang kesulitan mengakses fasilitas kesehatan. 

Gun Gun Nugraha, Vice President Daop 5 Purwokerto, menyatakan, kegiatan tersebut merupakan bagian dari rangkaian peringatan HUT ke-79 KAI yang puncaknya akan diperingati pada 28 September 2024 mendatang.

“Bakti sosial Rail Clinic ini diadakan kembali oleh Daop 5 Purwokerto setelah terakhir kali dilaksanakan di Stasiun Prupuk tahun lalu. Hari ini, Rabu, Rail Clinic hadir kembali untuk memberikan layanan kesehatan, pengobatan gratis, serta edukasi kesehatan dan keselamatan kepada masyarakat di sekitar Stasiun Karangsari," jelasnya.

BACA JUGA:Pilkada Kabupaten Cilacap 2024 Diprediksi Akan Ada 4 Pasangan Calon, Ada Nama Vicky Shu

Gun Gun juga menjelaskan bahwa Rail Clinic merupakan kereta kesehatan yang didesain dengan semangat KAI untuk memberikan pelayanan dan manfaat lebih kepada masyarakat Indonesia di bidang kesehatan, memanfaatkan jalur kereta api untuk mencapai daerah-daerah yang sulit dijangkau oleh kendaraan bermotor.

Pada kegiatan di Stasiun Karangsari kali ini, Daop 5 Purwokerto menggunakan rangkaian Rail Clinic Generasi ke-4 yang terdiri dari empat kereta diesel; dua kereta berfungsi sebagai Rail Clinic dan dua kereta lainnya sebagai Rail Library atau Kereta Pustaka.

Di dalam kereta Rail Clinic, tersedia berbagai ruang layanan kesehatan, seperti ruang pemeriksaan gigi, ruang kebidanan dengan peralatan USG, ruang laboratorium sederhana, ruang pemeriksaan mata, serta apotek. 

BACA JUGA:Butuh 3-4 Tangki Air Per Hari untuk Siram Tanaman Median Jalan

Sementara di Rail Library, terdapat berbagai macam buku bacaan dan ruang yang luas serta nyaman untuk membaca, dilengkapi dengan media pembelajaran digital.

Untuk pelayanan kesehatan di Stasiun Karangsari, Daop 5 Purwokerto menyediakan layanan kesehatan primer yang mencakup pemeriksaan umum, pemeriksaan gigi, kesehatan ibu dan anak, laboratorium, dan pemeriksaan mata. 

Selain itu, PT KAI juga memberikan alat bantu penglihatan berupa kacamata gratis kepada 50 siswa yang telah menjalani pemeriksaan mata di sekolah masing-masing, serta membagikan 50 paket tas dan alat sekolah kepada siswa yang membutuhkan.

BACA JUGA:Ma'ruf Cahyono-Rachmat Imanda Mundur, Gerindra Beri Dukungan ke Pasangan Sadewo-Lintarti

Dalam kegiatan bakti sosial Rail Clinic kali ini, KAI Daop 5 Purwokerto melibatkan tim kesehatan yang terdiri dari dua dokter umum, satu dokter gigi, satu dokter spesialis kandungan, satu bidan, dua refraksionis optisi, dua analis kesehatan laboratorium, tiga apoteker, serta 10 tenaga paramedis. 

Ditambah lagi, tiga tenaga pengelola Rail Library didukung oleh 5 pecinta kereta api (Railfans). Pelayanan kesehatan di Stasiun Karangsari ini dihadiri oleh sekitar 200 orang dari masyarakat sekitar jalur kereta api yang telah diundang melalui Kepala Desa. Layanan kesehatan ibu hamil dan USG juga disediakan untuk 20 orang.

Kategori :