Pengunjung Perpusda Purbalingga Capai 66 Ribu Selama Januari-Juli 2024

Rabu 28-08-2024,12:13 WIB
Reporter : Amarullah Nur Cahyo
Editor : Bayu Indra Kusuma

PURBALINGGA, RADARBANYUMAS.CO.ID - Jumlah pengunjung Perpustakaan Daerah Purbalingga sejak Januari- Juli mencapai 66 ribu orang. Dengan maksimal jumlah pengunjung harian 150 orang.

Kepala Dinas Arsip dan Perpustakaan Kabupaten Purbalingga, Selasa 27 Agustus 2024 mengungkapkan, jumlah pengunjung sangat dinamis. Dipengaruhi oleh hari sekolah dan libur sekolah. Namun perkembangan saat ini mulai stabil kunjungannya.

"Kami juga hari ini mendapat kunjungan belajar dari 222 siswa dan siswi SLB Negeri Purbalingga. Mereka datang dengan penuh keceriaan dan semangat ke Perpustakaan Umum. Kehadiran mereka didampingi oleh para guru dan para orang tua," katanya.

Kegiatan yang dilakukan oleh mereka antara lain membaca, membuat resume, story telling, nonton film edukatif dan bermain edukatif.  "Kunjungan yang dilakukan oleh SLB selaras dengan inovasi Ajar Pustaka (Ayo Belajar di Perpustakaan) yang digagas oleh Dinarpus Purbalingga," tambahnya.

BACA JUGA:Perpusda Purbalingga Didominasi Pengunjung Perorangan Selama Musim Libur Sekolah

BACA JUGA:Pengadaan Koleksi Buku Baru Perpusda Purbalingga 2024 Hanya Dianggarkan Rp 20 Juta

Kedatangan mereka membuat jumlah kunjungan semakin baik. Meski memiliki keterbatasan, namun minat membaca dan belajar masih tinggi.

"Kegiatan belajar yang dapat dilakukan di Perpustakaan Umum Kabupaten Purbalingga antara lain : membaca, menulis, diskusi, pelatihan, bedah buku, pameran, pertemuan, dan kegiatan lain yang mencerminkan proses belajar/literasi," ujarnya.

Sementara itu, Indeks Pembangunan Literasi Masyarakat (IPLM) dan Tingkat Kegemaran Membaca (TGM) di Kabupaten Purbalingga saat ini mencapai 12,02 atau 57 persen dari jumlah penduduk. "Tingkat minat baca masih dalam kondisi baik. Terlebih bagi siswa dan komunitas yang ada di Kabupaten Purbalingga," tegasnya.

Kategori :