Kekeringan Meluas di Purbalingga,Enam Kecamatan Terdampak Kekurangan Air Bersih

Minggu 18-08-2024,07:10 WIB
Reporter : Aditya Wisnu Wardana
Editor : Bayu Indra Kusuma

PURBALINGGA, RADARBANYUMAS.DISWAY.ID – Bencana kekeringan di Kabupaten Purbalingga semakin meluas, mempengaruhi enam kecamatan yang mengalami kekurangan air bersih.

Berdasarkan data Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Purbalingga, lima desa di lima kecamatan telah terdampak secara langsung.

Kepala BPBD Kabupaten Purbalingga, Prayitno, mengungkapkan bahwa distribusi air bersih telah dilakukan di lima desa terdampak, yaitu Desa Bokol (Kecamatan Kemangkon), Desa Karangpucung (Kecamatan Kertanegara), Desa Pandansari (Kecamatan Kejobong), Desa Sidanegara (Kecamatan Kaligondang), Desa Serang (Kecamatan Karangreja), serta Desa Pepedan (Kecamatan Karangmoncol).

Total jumlah warga terdampak telah mencapai lebih dari 7.000 jiwa, sementara bantuan air bersih yang didistribusikan mencapai lebih dari 11.000 liter air, yang berasal dari Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Purbalingga melalui BPBD.

BACA JUGA:Dana Siap Pakai Rp 200 Juta Disiapkan untuk Atasi Krisis Air Bersih di Purbalingga

BACA JUGA:Kekeringan Mulai Terasa di Purbalingga, Satu Desa di Kejobong Minta Droping Air Bersih

Prayitno menjelaskan bahwa kekeringan diperkirakan akan semakin meluas mengingat puncak musim kemarau diprediksi akan berlangsung hingga Oktober.

Namun, BPBD berjanji akan terus menyalurkan bantuan air bersih sesuai permintaan warga.

Selain distribusi air bersih, BPBD juga meminjamkan tangki penampungan air (toren) untuk wilayah yang mengalami kekurangan air bersih, dengan sistem pinjam pakai, guna membuat distribusi air lebih efektif. (tya)

Kategori :