Target Donasi Pembangunan Masjid Seribu Bulan Rp 4 Miliar

Rabu 14-08-2024,17:19 WIB
Reporter : Yudha Iman Primadi
Editor : Ali Ibrahim

PURWOKERTO, RADARBANYUMAS.DISWAY.ID - Target penggalangan donasi dari masyarakat untuk pembangunan Masjid Seribu Bulan hingga akhir Desember ditarget Rp 4 miliar.

Pengurus Yayasan Masjid Agung Islamic Center Rahmatan Lil'Alamin, M. Wahyu Fauzi Aziz mengatakan awal mula adanya penggalangan donasi pembangunan Masjid Seribu Bulan karena dari masyarakat Banyumas banyak yang ingin menyumbang. Sementara lembaga yang secara regulasi diperbolehkan untuk menarik infak dan sodaqoh hanya Baznas. Pihak yayasan tidak boleh menggalang donasi.

"Target donasi hanya Rp 4 miliar. Rp 4 miliar dari kebutuhan ratusan miliar. Itu hanya untuk menggugah masyarakat Banyumas supaya mempunyai rasa memiliki Masjid Seribu Bulan sebagai masjidnya orang Banyumas," katanya.

BACA JUGA:Jasa Raharja dan Anggota Holding IFG Tandatangani Komitmen Anti-Fraud Bersama BPKP

Wahyu menjelaskan untuk tahun ini dari APBD Pemda telah menganggarkan sekitar Rp 5 miliar untuk melanjutkan pembangunan Masjid Seribu Bulan namun ditarik kembali karena bisa terjadi dobel anggaran ketika anggaran dari Pusat dari Rp 60 miliar turun.

"Dari Pemda memberi dari Pusat memberi itu tidak bisa," terang dia.

Dilanjutkannya rencana awal Pemda, di awal pembangunan Masjid Seribu Bulan Pemda sanggup membiayai Rp 60 miliar dan mengajukan bantuan ke provinsi Rp 20 miliar baru sisanya baru dari donasi masyarakat.

BACA JUGA:Obyek Wisata Kawah Sikidang Dieng Ditutup 10 Hari, Ini Alasannya

"Adanya donasi dari masyarakat sebagai bentuk semangat memiliki Masjid Seribu Bulan juga sebagai antisipasi timbulnya persoalan-persoalan seperti keamanan parkir jika masjid sudah selesai dibangun," pungkas Fauzi. (yda)

Kategori :