Kekeringan di Cilacap Meluas, BPBD Cilacap Droping Air Bersih di Gandrungmangu

Rabu 14-08-2024,17:22 WIB
Reporter : Rayka Diah Setianingrum
Editor : Susi Dwi Apriani

CILACAP, RADARBANYUMAS.DISWAY.ID - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Cilacap kembali mendistribusikan air bersih ke Desa Karanggintung, Kecamatan Gandrungmangu, Rabu (14/8/2024). 

Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik BPBD Cilacap, Budi Setyawan mengatakan, musim kemarau masih berlangsung di Cilacap. Bahkan permintaan bantuan air bersih kembali bertambah. 

"Kita baru mendistribusikan air bersih sebanyak dua tangki di Desa Karanggintung Gandrungmangu," katanya. 

Dikatakan Budi, hingga saat ini, BPBD Kabupaten Cilacap sudah mendistribusikan 78 tangki atau setara dengan 390.000 liter air bersih ke warga yang mengalami kekeringan.

BACA JUGA:Puncak Musim Kemarau, Suhu Udara di Kabupaten Cilacap Terasa Lebih Dingin

BACA JUGA:Banom PKB Garda Bangsa Sepakat Berikan Dukungan Pada Pasangan Syamsul - Sindy

"Saat ini ada 15 desa di Kabupaten Cilacap yang terdampak kekeringan pada musim kemarau ini," katanya.

Adapun 15 desa yang terdampak krisis air bersih meliputi Desa Karangbenda Kecamatan Adipala, Desa Karangkemiri, Mandala, dan Sawangan Kecamatan Jeruklegi, Desa Bojong, Ujungmanik, dan Kawunganten Lor Kecamatan Kawunganten.

Kemudian Desa Cimrutu, Rawaapu, dan Bulupayung Kecamatan Patimuan, Desa Gintungreja dan Karanggintung Kecamatan Gandrungmangu, Desa Rawajaya Kecamatan Bantarsari, serta Desa Kunci Kecamatan Sidareja.

"Kami imbau untuk warga yang terdampak kekeringan bisa lebih efisien dalam penggunaan air bersih. Selain itu agar distribusi berjalan dengan baik, warga bisa dapat terkoordinir di titik kumpul pendistribusian," kata dia. (ray)

Kategori :