KPU Banjarnegara Tetapkan DPS Pilkada Sebanyak 796.814 Pemilih

Senin 12-08-2024,15:50 WIB
Reporter : Pujud Andriastanto
Editor : Susi Dwi Apriani

BANJARNEGARA, RADARBANYUMAS.DISWAY.ID - KPU Kabupaten Banjarnegara telah menggelar rapat pleno terbuka Rekapitulasi dan Penetapan Daftar Pemilih Sementara (DPS) Pilkada Serentak 2024, sebanyak 796.814 pemilih. Rinciannya, pemilih laki-laki 403.760 dan pemilih perempuan 393.054.

Rapat pleno terbuka digelar di Rejasa Room Surya Yudha, Minggu (11/8/2024), dihadiri pengurus partai politik, PPK, Bawaslu, serta Forkompinda dan dinas terkait. 

''Bahan rapat pleno terbuka rekapitulasi DPS dari hasil rapat pleno terbuka rekapitulasi Daftar Pemilih Hasil Pemutakhiran (DPHP) oleh PPK di setiap kecamatan. Sebelumnya, PPS di setiap desa/kelurahan juga sudah menggelar rapat pleno DPHP yang berasal dari hasil pencocokan dan penelitian (coklit) data pemilih oleh pantarlih," kata Ketua KPU Kabupaten Banjarnegara, M Syarif SW, Senin (12/8/2024).

Rapat pleno berjalan lancar dengan diwarnai tanggapan dari Bawaslu yang langsung ditindaklanjuti saat itu. 

BACA JUGA:10.365 Penduduk Banjarnegara Terkena Diabetes, 806 Orang Bergantung pada Insulin

BACA JUGA:Jembatan Penghubung Banjarnegara dan Banyumas Bakal Dibangun, untuk Meningkatkan Perekonomian

"Data pemilih ini sifatnya masih dinamis. Kami imbau masyarakat yang sudah memenuhi syarat sebagai pemilih tapi blm terdaftar sebagai pemilih, untuk melapor ke PPS atau PPK agar dicatat sebagai pemilih," imbuhnya. 

Sementara Bawaslu Banjarnegara menyampaikan, pihaknya selama proses pemutakhiran data telah melakukan pengawasan melekat. Saran perbaikan telah ditindaklanjuti oleh Pantarlih, PPS maupun PPK. 

Setelah rapat pleno terbuka rekapitulasi dan penetapan DPS, Ketua KPU Kabupaten Banjarnegara menyerahkan salinan berita acara dan keputusan kepada peserta rapat. 

DPS selanjutnya akan diumumkan ke publik untuk dicermati. Adanya tanggapan masyarakat selanjutnya dimasukkan dalam DPS hasil perbaikan. (jud)

Kategori :