Cerita Rachel Rieva Bodori, Calon Paskibraka 2024 dari Papua Barat Daya, Sempat Tak Percaya Diri

Minggu 11-08-2024,10:58 WIB
Reporter : Bayu Indra Kusuma
Editor : Bayu Indra Kusuma

JAKARTA, RADARBANYUMAS.DISWAY.ID - Rachel Rieva Bodori adalah salah satu calon Paskibraka pusat 2024 yang akan bertugas mengibarkan bendera di Ibu Kota Nusantara (IKN) pada HUT RI ke-79. Rachel merupakan calon Paskibraka pusat asal Provinsi Papua Barat Daya, tepatnya dari Kabupaten Sorong Selatan.

Dalam wawancara dengan Disway, Rachel menceritakan bagaimana awal mula ketertarikannya untuk mendaftar sebagai calon Paskibraka tingkat pusat 2024.

"Awalnya tidak terpikir akan sampai di titik ini. Waktu itu hanya karena ditawarkan teman, lalu ikut mendaftar dari kabupaten, kemudian tiba-tiba nama saya masuk ke provinsi," ungkap Rachel setelah menjalani latihan di Taman Rekreasi Wiladatika Cibubur, Depok, Jawa Barat, pada Rabu, 7 Agustus 2024.

Rachel mengaku awalnya tidak menyangka bisa lolos verifikasi hingga ke tingkat pusat, terutama karena ia merasa kurang percaya diri dengan postur tubuhnya yang dianggap kecil sehingga mungkin tidak memenuhi syarat.

BACA JUGA:Kepala BPIP Sambut Kedatangan Duplikat Bendera Pusaka dan Teks Proklamasi di Kaltim

BACA JUGA:BPIP Pastikan Kesiapan Calon Paskibraka Makin Meningkat Jelang ke Ibu Kota Nusantara

"Saat seleksi ke provinsi, saya tidak menyangka bisa lolos verifikasi. Setelah terpilih untuk verifikasi, saya sempat berpikir bahwa saya tidak akan lolos karena postur tubuh saya kecil, jadi saya pikir tidak memenuhi syarat," jelas Rachel.

Namun, keberuntungan berpihak padanya. Ternyata berat badan Rachel memenuhi syarat dan ia pun dinyatakan lolos.

Perasaan bahagia dan haru pun menyelimuti Rachel saat itu. Ia sangat bersyukur karena akhirnya bisa mewakili Provinsi Papua Barat Daya untuk mengibarkan bendera pusaka di IKN pada 17 Agustus 2024.

"Saat mengetahui saya lolos ke pusat, perasaan saya senang dan bersyukur, karena Tuhan Yesus itu baik, Dia memilih saya dan membantu saya," tutur Rachel dengan penuh haru.

BACA JUGA:Sejarah Terulang Setelah 56 Tahun, Ini Dasar Hukum Penyerahan Duplikat Bendera Pusaka Merah Putih oleh BPIP

BACA JUGA:Hadiri Rapat Kerja dan RDP, Komisi II DPR RI Apresiasi dan Dorong Perkuat Kelembagaan BPIP

Sebagai informasi, pada peringatan hari kemerdekaan tahun 2024 ini, sebanyak 76 calon Paskibraka tingkat pusat dari 38 provinsi telah lulus seleksi. Setiap provinsi dipilih satu putra dan satu putri untuk mengibarkan bendera merah putih di IKN.

Ke-76 calon Paskibraka tingkat pusat tersebut nantinya akan dibagi menjadi dua kelompok untuk mengibarkan bendera pada pagi hari, dan menurunkannya pada sore hari.

Calon Paskibraka tingkat pusat 2024 ini menjalani latihan di Taman Rekreasi Wiladatika Cibubur, Depok, Jawa Barat hingga 8 Agustus 2024. Selanjutnya, mereka akan diberangkatkan ke IKN pada 9 Agustus 2024 guna menjalani sisa masa latihan hingga menjelang hari kemerdekaan.

Kategori :