Fitur Motor Matic yang Sederhana dan Sangat Penting untuk Keselamatan Pengendara

Selasa 13-08-2024,14:35 WIB
Reporter : Fahma Ardiana
Editor : Laily Media Yuliana

RADARBANYUMAS.DISWAY.ID - Sepeda motor matic dari berbagai produsen terutama merk Honda memiliki beberapa fitur keselamatan sederhana yang belum banyak diketahui.

Walaupun fitur sederhana, namun bisa dibilang fitur tersebut berdampak besar terhadap keselamatan pengendara sepeda motor matic.

Di bawah ini adalah berbagai fitur sederhana namun sangat penting untuk keselamatan para pengendara yang ada pada sepeda motor matic Honda.

1. Side Stand Standar

Side stand standar atau standar samping terdapat pada berbagai sepeda motor matic termasuk sepeda motor matic Honda. Fitur ini otomatis mematikan mesin sepeda motor matic saat side stand diturunkan.

BACA JUGA:Perbandingan Motor Matic Yamaha XMAX Tech Max dengan Yamaha XMAX Varian Standar: Mana yang Lebih Baik?

BACA JUGA:Mau Beli Motor Matic Honda BeAt Deluxe 2024 ? Simak Dulu Kelebihan dan Kekurangan Motor Matic Tersebut

Mesin motor matic tersebut tidak akan hidup sampai standar samping dilipat kembali. Dengan fungsi "Side Stand Switch", stand samping tidak hanya menghentikan motor matic saat diparkir, tetapi juga mendukung keselamatan berkendara.

Fungsi sepeda motor matic ini mengurangi risiko kecelakaan karena lupa menaikkan standar saat berkendara. Serta untuk mencegah start otomatis karena pengoperasian throttle yang salah saat berhenti dengan mesin hidup.

2. Tuas Pengunci Rem Belakang

Tuas pengunci rem belakang sepeda motor matic digunakan untuk mengunci roda belakang, terutama pada saat sepeda motor matic diparkir di permukaan tidak rata atau berhenti di tanjakan atau lereng.

BACA JUGA:Penyebab dan Cara Mengatasi Klakson Motor Matic yang Tidak Bunyi Lengkap dengan Tips Mencegahnya

BACA JUGA:Update Harga Motor Matic 150 CC Bulan Agustus 2024, Mulai Dari Yamaha NMAX Hingga Yamaha Aerox

 

Selain itu, kunci rem parkir juga berfungsi sebagai fitur keselamatan pengemudi saat menghidupkan mesin sepeda motor matic.

Kategori :