Enam Warga Banjarnegara Terima Penghargaan Satya Lencana Kebaktian Sosial dari Presiden RI

Kamis 08-08-2024,15:46 WIB
Reporter : Pujud Andriastanto
Editor : Susi Dwi Apriani

BANJARNEGARA, RADARBANYUMAS.DISWAY.ID – Enam warga Banjarnegara mendapatkan penghargaan Satya Lencana Kebaktian Sosial dari Presiden RI Joko Widodo, Senin (5/8/2024).

Penghargaan tersebut diserahkan oleh Wakil Presiden Ma'ruf Amin di Hotel Sahid, Jakarta, dengan Ketua Umum PMI Jusuf Kalla turut hadir dalam acara tersebut.

Wakil Presiden Ma'ruf Amin menyampaikan, pendonor darah sukarela adalah pahlawan kemanusiaan yang memberikan kontribusi signifikan dalam menyelamatkan nyawa. 

"Pendonor darah dapat kita sebut sebagai pahlawan kemanusiaan, karena dengan sukarela dan tanpa pamrih menyelamatkan nyawa dan menjaga keberlangsungan hidup sesama manusia," ujarnya.

BACA JUGA:10.365 Penduduk Banjarnegara Terkena Diabetes, 806 Orang Bergantung pada Insulin

BACA JUGA:Pemkab Banjarnegara Perangi Stunting dengan Pembagian BKB Kit

Para penerima penghargaan ini mereka yang telah mendonorkan darahnya lebih dari 100 kali sepanjang hidupnya, sebuah pencapaian yang patut diacungi jempol. 

"Pemenuhan kebutuhan darah harus dilakukan oleh negara karena darah dibutuhkan untuk menjaga kesehatan bagi masyarakat yang membutuhkan tanpa melihat latar belakang apapun," lanjut Wapres.

Ketua PMI Kabupaten Banjarnegara, dr. Amalia Desiana, menyambut baik penghargaan ini dan memberikan ucapan selamat kepada para penerima. 

"Ini adalah inspirasi dan semangat bagi kita semua untuk terus berkarya dan mendarma baktikan hidup untuk kemanusiaan," ujarnya, Kamis (8/8/2024).

Amalia juga berharap penghargaan ini dapat menjadi motivasi bagi warga Banjarnegara untuk turut serta dalam kegiatan donor darah. 

"Terima kasih kepada para pendonor darah sukarela yang terus bergerak bersama PMI untuk kemanusiaan. Yakinlah bahwa apa yang kita perbuat akan berdampak kebaikan bagi sesama,” tambahnya.

PMI Banjarnegara juga mengapresiasi sinergi yang terjalin dengan kelompok donor darah dan para pendonor, yang dinilai penting untuk menjaga persaudaraan dan meningkatkan kebaikan bersama. 

"PMI Banjarnegara tidak dapat berjalan sendiri. Terima kasih kami sampaikan kepada seluruh kelompok donor darah sukarela yang terus berjalan seiring sejalan untuk satu niat kebaikan,” pungkas Amalia.

Daftar penerima penghargaan Satya Lencana Kebaktian Sosial dari Presiden RI untuk warga Banjarnegara yaitu, Soeprijadi 125 kali donor darah, Sidik Purnomo 124 kali donor darah, Achmad Fatimi 115 kali donor darah, Wiwit Wulan Prihadi 113 kali donor darah, Lujeng Santoso 113 kali donor darah, dan Djangidin 106 kali donor darah. (jud)

Kategori :