Grebeg Sura Baturraden Tetap Dinanti Meski Tanpa Kirab

Minggu 04-08-2024,15:13 WIB
Reporter : Dimas Prabowo
Editor : Ali Ibrahim

PURWOKERTO,RADARBANYUMAS.DISWAY.ID - Pemerintah Kabupaten Banyumas kembali menyelenggarakan Grebeg Sura Baturraden di kawasan Lokawisata Baturraden pada Minggu, (4/8/2024). Acara ini merupakan bagian dari rangkaian Baturraden Festival 2024.

Kepala UPT Baturraden, Riyanto menjelaskan bahwa event wisata yang selalu dinantikan oleh wisatawan tiap tahun ini mencakup tiga kegiatan utama. Yaitu Lomba Tari Lengger Kreasi, Baturraden Trail Run, dan Grebeg Sura, dan seluruh acara tersebut akan diadakan dalam satu hari.

"Yang sedikit berbeda tahun ini itu, tidak ada pawai dalam Grebeg Sura Baturraden, dengan pertimbangan untuk menghindari kemacetan di jalur wisata," ujar Riyanto.

BACA JUGA:Imbas La Nina, Purbalingga Diprediksi Masih Turun Hujan Selama Musim Kemarau

Riyanto juga menjelaskan bahwa selain meniadakan kirab gunungan, gunungan hasil bumi dan tumpeng hanya diarak dari area makam ke area monemun 10 yang berjarak hanya sekitar 50 meter. Serta ada beberapa perubahan dalam atraksi di Lokawisata Baturraden.

Salah satunya adalah gunungan yang dibawa peserta hanya boleh diperebutkan masyarakat setelah pertunjukan wayang ruwatan selesai. Setelah doa bersama di area Situs Baturraden, dan akan ada prosesi perebutan sepasang ayam dan bebek di dekat Sungai Gumawang.

"Gunungan tetap ada karena itu adalah ikon acara. Urutannya adalah gunungan diperebutkan setelah wayang ruwatan selesai," jelas Riyanto. 

BACA JUGA:Pasar Kroya Cilacap Sudah Dirobohkan, Pertengahan Agustus 2024 Akan Dibangun

Pada kesempatan yang sama, Wisatawan Lokal, Hera (45) mengatakan sangat antusias menyaksikan Prosesi Grebeg Sura Baturraden di tiap tahunnya, meski tahun ini tanpa ada arak-arakan atau kirab.

"Setiap tahun selalu ikut rebutan gunungan. Nyari berkah, Insya Allah," ucapnya sambil membawa beberapa sayuran hasil berebut gunungan.

Sementara itu, Kepala Bidang Pariwisata Dinas Pemuda Olahraga Kebudayaan dan Pariwisata (Dinporabudpar) Banyumas, Wardoyo menambahkan, untuk lomba Tari Lengger Kreasi, jumlah peserta meningkat tahun ini.

BACA JUGA:Muncul Dukungan Tiwi-Hendra dari Ratusan Simpatisan Gerindra, Pasca Fahmi Dapat Rekom

Pada tahun 2023, jumlah peserta mencapai 42 orang, sedangkan pada tahun 2024 meningkat menjadi 57 orang. Adapun untuk Baturraden Trail Run akan diselenggarakan di kompleks Bukit Bintang. Ajang ini terbagi menjadi dua kategori yang dapat diikuti oleh peserta, yaitu 7 kilometer dan 21 kilometer. (dms)

Kategori :