Indonesia Power UBP Mrica Raih Penghargaan Environmental and Social Innovation Award 2024

Kamis 01-08-2024,16:50 WIB
Reporter : Pujud Andriastanto
Editor : Susi Dwi Apriani

BANJARNEGARA, RADARBANYUMAS.DISWAY.ID - PT PLN Indonesia Power Unit Bisnis Pembangkitan (UBP) Mrica berhasil meraih penghargaan bergengsi dalam ajang Environmental and Social Innovation Award (ENSIA) 2024, yang mengusung tema "Extraordinary Turnaround Innovation for Sustainability".

Penghargaan ini diberikan kepada pelaku usaha di Indonesia yang memiliki inovasi di bidang lingkungan dan sosial yang diselenggarakan oleh PT Sucofindo.

Acara ini berlangsung di Mangupura Ballroom, The Westin Resort, Nusa Dua, Bali. Dalam kesempatan ini UBP Mrica menerima penghargaan Platinum Winner dalam kategori Inovasi Sosial untuk program unggulannya, Kampung Kopi Konservasi (SERAYU ASRI) diwakili oleh Condro Budiarto, selaku Officer Community Development PLN IP UBP Mrica.

Senior Manager UBP Mrica, Nazrul Very Andhi mengatakan, program Kampung Kopi Konservasi merupakan wujud nyata komitmen PLN Indonesia Power UBP Mrica terhadap kepedulian lingkungan dan pemberdayaan masyarakat sekitar. 

BACA JUGA:Embun Es di Dieng Menjadi Daya Tarik Bagi Wisatawan, Namun Menjadi Ancaman Bagi Petani

BACA JUGA:Pemkab Banjarnegara Siapkan Tim Khusus Atasi Kekeringan

“Inisiatif ini bertujuan untuk menggabungkan upaya konservasi lingkungan dengan pengembangan ekonomi lokal melalui budidaya kop, serta dalam rangka penanganan permasalahan yang sering dihadapi waduk adalah penumpukan sedimentasi yang terus meningkat seiring waktu,” katanya, Kamis (1/8/2024).

Penghargaan ini menjadi bukti keberhasilan PLN Indonesia Power UBP Mrica dalam mengimplementasikan program tanggung jawab sosial dan lingkungan (CSR) yang berkelanjutan. 

“Melalui Kampung Kopi Konservasi, perusahaan tidak hanya berhasil melestarikan lingkungan di sekitar wilayah operasinya khususnya di daerah Hulu, tetapi juga memberdayakan masyarakat setempat dengan memberikan alternatif mata pencaharian yang ramah lingkungan,” ujarnya.

Pencapaian ini mencerminkan upaya berkelanjutan PLN Indonesia Power UBP Mrica dalam mengintegrasikan aspek sosial dan lingkungan ke dalam strategi bisnis mereka.

Beberapa inisiatif yang mungkin berkontribusi pada penghargaan ini termasuk program pemberdayaan masyarakat, pengelolaan lingkungan yang berkelanjutan, serta inovasi teknologi ramah lingkungan dalam operasional pembangkit listrik.

“Penghargaan Platinum Winner ini tidak hanya menjadi kebanggaan bagi PLN Indonesia Power UBP Mrica, tetapi juga menjadi motivasi untuk terus meningkatkan kinerja dan inovasi dalam aspek sosial dan lingkungan,” ucapnya.

Hal ini sejalan dengan komitmen PLN Group sebagai Perusahaan BUMN untuk mendukung pembangunan berkelanjutan dan transisi menuju energi bersih di Indonesia.

Dengan pengakuan ini, PLN Indonesia Power UBP Mrica diharapkan dapat menjadi contoh dan inspirasi bagi unit bisnis lainnya dalam menjalankan operasional yang tidak hanya berorientasi pada profit.

Tetapi juga memperhatikan kualitas pemberdayaan masyarakat untuk mencapai Filosofi Pembangunan Berkelanjutan yang mendorong pada pencapaian Sustainable Development Goals (SDGs). (jud/ads)

Kategori :