Kekurangan Kulit Sintetis untuk Jok Motor Matic

Minggu 04-08-2024,10:51 WIB
Reporter : Ikhwan Adriansyah
Editor : Bayu Indra Kusuma

RADARBANYUMAS.DISWAY.ID - Kulit sintetis seringkali menjadi pilihan populer untuk mengganti jok motor matic karena harganya yang lebih terjangkau. Namun, apakah kulit sintetis benar-benar pilihan yang tepat? Mari kita bahas Kekurangan Kulit Sintetis untuk Jok Motor Matic.

Kekurangan Kulit Sintetis untuk Jok Motor Matic

1. Ketahanan Terhadap Suhu Ekstrem

Paparan sinar matahari langsung merupakan salah satu musuh terbesar bagi kulit sintetis yang. Sinar UV yang intens dalam jangka waktu lama dapat menyebabkan kerusakan signifikan pada struktur molekul kulit sintetis. 

Sinar UV menyebabkan ikatan kimia pada kulit sintetis menguat, sehingga membuatnya menjadi lebih keras dan kaku. Kondisi ini membuat kulit sintetis kehilangan elastisitasnya dan rentan terhadap retakan.

Pengerasan yang terjadi akibat paparan sinar UV akan menyebabkan munculnya retakan-retakan halus pada permukaan kulit sintetis. Seiring waktu, retakan ini akan semakin membesar dan meluas, sehingga mengurangi daya tahan dan estetika jok motor.

BACA JUGA:5 Tips Merawat Jok Motor Matic Agar Tetap Awet dan Nyaman

BACA JUGA:Wajib Diwaspadai! 7 Hal yang Dapat Menyebabkan Kulit Jok Motor Matic Rusak

Pigmen warna pada kulit sintetis yang digunakan untuk jok motor matic juga rentan terhadap kerusakan akibat sinar UV. Akibatnya, warna kulit sintetis akan memudar dan menjadi tidak merata.

Dan yang terakhir adalah lapisan pelindung pada kulit sintetis akan terdegradasi oleh sinar UV. Hal ini menyebabkan kulit sintetis menjadi lebih mudah terkelupas dan aus.

Kerusakan kulit sintetis akibat suhu ekstrem akan mengganggu kenyamanan berkendara. Jok motor yang rusak akan terasa keras dan tidak nyaman saat diduduki, terutama saat cuaca panas. Selain itu, kulit sintetis yang retak juga dapat melukai kulit pengendara.

Cara Mencegah Kerusakan Akibat Suhu Ekstrem

  • Gunakan Cover Motor: Selalu gunakan cover motor saat memarkir motor di tempat terbuka, terutama saat cuaca panas. 
  • Parkir di Tempat Teduh: Usahakan untuk selalu memarkir motor di tempat yang teduh, seperti di bawah pohon atau di dalam garasi.
  • Perawatan Berkala: Lakukan perawatan berkala pada jok motor dengan menggunakan produk perawatan khusus kulit sintetis. 
  • Hindari Penggunaan Cairan Pembersih yang Keras: Hindari menggunakan cairan pembersih yang keras dan mengandung bahan kimia yang bersifat abrasif.

Kulit sintetis memang memiliki kekurangan dalam hal ketahanan terhadap suhu ekstrem perlu menjadi pertimbangan serius. Dengan memahami kekurangan kulit sintetis, Anda dapat memperpanjang umur pakai jok motor matic Anda.

2. Pernapasan Kulit

Kategori :