Cara Cat Velg Motor Matic Warna Two Tone

Jumat 02-08-2024,15:51 WIB
Reporter : Ikhwan Adriansyah
Editor : Bayu Indra Kusuma

BACA JUGA:Velg Motor Matic Anda dengan Cat Semprot Hitam Doff

Kocok kaleng primer dengan kuat selama beberapa menit sebelum digunakan. Semprotkan primer dengan jarak sekitar 20-25 cm dari permukaan velg. Gerakkan kaleng semprot secara perlahan dan merata, dengan gerakan menyapu.

Semprotkan primer dalam beberapa lapisan tipis. Biarkan setiap lapisan mengering sebelum memberikan lapisan berikutnya. Waktu pengeringan primer bervariasi tergantung pada jenis primer dan suhu lingkungan. 

5. Pengecatan Warna Dasar

Pilih warna dasar untuk velg motor matic anda yang sesuai dengan selera Anda dan kombinasi warna yang diinginkan. Pertimbangkan warna motor secara keseluruhan agar tampilannya harmonis.

Pertahankan jarak semprot yang konsisten antara kaleng cat dengan permukaan velg (sekitar 20-25 cm). Gerakkan kaleng cat secara perlahan dan merata, dengan gerakan menyapu. Hindari menyemprotkan cat pada satu titik terlalu lama.

BACA JUGA:Cara Mengecat Velg Motor Matic Sendiri di Rumah

BACA JUGA:5 Bahan Penghilang Karat pada Velg Motor Matic

Semprotkan cat dalam beberapa lapisan tipis. Biarkan setiap lapisan mengering sempurna sebelum memberikan lapisan berikutnya. Biasanya, cat membutuhkan waktu sekitar 10-15 menit untuk mengering sentuh dan beberapa jam untuk benar-benar kering.

6. Pengecatan Warna Kedua

Gunakan lakban masking tape untuk membuat pola atau desain yang diinginkan. Pastikan lakban menempel dengan kuat agar cat tidak merembes. Jika ingin membuat pola yang lebih rumit, Anda bisa menggunakan stencil. Tempelkan stencil pada velg dan semprotkan cat di atasnya.

Pertahankan jarak semprot yang sama seperti saat menyemprotkan warna dasar. Gerakkan kaleng cat secara perlahan dan hati-hati, terutama pada bagian yang berbatasan dengan lakban masking tape.

Tunggu hingga cat benar-benar kering sebelum melepas lakban masking tape. Jika terlalu cepat, cat bisa terangkat. Lepas lakban masking tape dengan perlahan dan hati-hati, dengan sudut 45 derajat.

7. Pemberian Clear Coat

Clear coat berfungsi sebagai lapisan pelindung yang melindungi warna cat dari goresan, sinar UV, dan berbagai jenis cuaca. Clear coat membuat warna cat menjadi lebih mengkilap dan memberikan tampilan yang lebih mewah.

BACA JUGA:Warna Cat Velg Motor Matic yang Bagus dan Tahan Lama

Kategori :