Cara Cat Velg Motor Matic Warna Two Tone

Jumat 02-08-2024,15:51 WIB
Reporter : Ikhwan Adriansyah
Editor : Bayu Indra Kusuma

Pastikan motor dalam keadaan stabil dan aman. Gunakan kunci-kunci yang sesuai untuk melepas baut atau mur pengikat velg. Lepas perlahan-lahan agar tidak merusak baut atau mur.

BACA JUGA:Harga Cat Ulang Velg Motor Matic di Bengkel

BACA JUGA:Rekomendasi Cat Semprot Terbaik untuk Velg Motor Matic

Gunakan air sabun atau deterjen untuk membersihkan permukaan velg. Bersihkan bagian dalam velg, termasuk area di sekitar lubang baut. Bilas dengan air bersih hingga tidak ada sisa sabun atau kotoran.

Keringkan velg menggunakan lap microfiber atau kain bersih yang lembut. Pastikan tidak ada air yang tersisa di dalam celah-celah velg. Biarkan velg mengering di tempat yang teduh dan berangin.

2. Pengamplasan Velg

  • Amplas kasar (nomor 80-120): Digunakan untuk menghilangkan lapisan cat lama yang tebal atau karat yang menempel kuat.
  • Amplas sedang (nomor 240-320): Digunakan untuk menghaluskan permukaan setelah menggunakan amplas kasar.
  • Amplas halus (nomor 400-600): Digunakan untuk mendapatkan permukaan yang sangat halus sebelum pengecatan.

Gosok permukaan velg secara merata dengan gerakan melingkar. Berikan tekanan yang cukup untuk menghilangkan lapisan cat lama atau karat. Lanjutkan pengamplasan dengan amplas sedang untuk menghilangkan bekas goresan amplas kasar.

BACA JUGA:Tutorial Lengkap: Membuat Efek Carbon Fiber pada Velg Motor Matic Anda

BACA JUGA:Tutorial Mengecat Velg Motor Matic Warna Biru Elektrik

Gosok permukaan velg dengan amplas halus untuk mendapatkan permukaan yang halus dan siap dicat. Perhatikan sudut pengamplasan, Usahakan mengamplas dengan sudut yang konsisten agar hasil lebih rata.

Setelah selesai mengamplas, bersihkan permukaan velg dari debu amplas menggunakan lap bersih atau blower. Pastikan tidak ada sisa debu amplas yang tertinggal, karena dapat mengganggu daya rekat cat.

3. Penutup Bagian yang Tidak Ingin Terkena Cat

  • Lakban masking tape: Jenis lakban yang paling umum digunakan karena mudah dilepas dan tidak merusak permukaan.
  • Kertas koran: Dapat digunakan untuk menutupi area yang lebih luas, tetapi perlu ditempelkan dengan kuat agar tidak terangkat oleh semprotan cat.
  • Plastik: Cocok untuk melindungi bagian yang memiliki bentuk yang rumit, seperti jari-jari roda.

Tempelkan lakban secara rapi mengikuti garis tepi bagian yang ingin ditutupi. Rekatkan kertas koran dengan kuat menggunakan lakban masking tape. Lipat bagian tepi kertas agar lebih rapi. Rentangkan plastik di atas bagian yang ingin ditutupi.

4. Pemberian Primer

Primer menciptakan lapisan dasar yang membuat cat lebih mudah menempel pada permukaan velg. Primer membantu mengisi pori-pori pada permukaan velg sehingga cat menjadi lebih rata dan halus. Primer melindungi permukaan velg dari karat, terutama pada bagian yang sebelumnya berkarat.

BACA JUGA:Alasan Memilih Warna Candy Merah untuk Velg Motor Matic

Kategori :