Tinggi Gelombang di Perairan Cilacap Masuk Kategori Sedang, Ketinggian Capai 2,5 Meter

Minggu 28-07-2024,18:36 WIB
Reporter : Rayka Diah Setianingrum
Editor : Susi Dwi Apriani

CILACAP, RADARBANYUMAS.DISWAY.ID - Potensi gelombang laut hingga sepekan kedepan masuk dalam kategori sedang. Namun, masyarakat di Kabupaten Cilacap diminta untuk tetap hati-hati saat beraktivitas di laut.

Prakirawan Cuaca BMKG Meteorologi Tunggul Wulung Cilacap, Rendi Krisnawan mengatakan, potensi gelombang Samudera Hindia selatan diperkirakan berkisar antara 1,5 - 2,5 meter atau masuk kategori sedang.

"Kecepatan angin maksimum bisa mencapai 15 hingga 20 knot, dan ketinggian gelombang laut maksimum bisa mencapai 2,5 meter atau kategori sedang," katanya.

Rendi mengatakan, saat ini potensi cuaca masuk katagori cerah hingga berawan. Namun masih berpotensi terjadi hujan intensitas ringan dengan sifat lokal dan tidak merata di sejumlah wilayah.

BACA JUGA:Didukung Partai Non Parlemen, Pasangan Syamsul-Sindy Optimis Menang

BACA JUGA:Budidaya Sidat di Kaliwungu Cilacap Terus Dikembangkan

Dikatakan Rendi, penyebabnya saat ini secara umum pergerakan angin, berhembus angin timuran, yakni berasal dari benua Australia atau tekanan tinggi, menuju benua Asia atau tekanan rendah.

"Karakteristik angin timuran, membawa masa udara dingin dan kering, kemudian kecepatannya relatif kencang melewati di wilayah Samudera Hindia selatan Jawa," katanya. 

Untuk itu, bagi masyarakat dan wisatawan tetap perlu mewaspadai adanya ketinggian gelombang laut terutama di wilayah perairan, agar tidak berenang atau mandi di laut karena sangat berbahaya. (ray)

Kategori :