Januari Sampai Juni, Pengidap HIV/AIDS di Purbalingga Capai 54 Orang

Kamis 25-07-2024,14:33 WIB
Reporter : Amarullah Nur Cahyo
Editor : Bayu Indra Kusuma

PURBALINGGA, RADARBANYUMAS.DISWAY.ID - Sejak Januari hingga Juni 2024, jumlah penderita HIV/AIDS di Kabupaten Purbalingga mencapai 54 orang. Dari jumlah tersebut, 39 orang mengidap HIV dan 15 orang menderita AIDS. Beberapa dari mereka masih menjalani pengobatan, sementara yang lainnya telah berhenti mengonsumsi obat.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Purbalingga, dr. Jusi Febrianto, menjelaskan bahwa sejak tahun 2010, total jumlah penderita HIV/AIDS yang tercatat di Kabupaten Purbalingga hingga Juli 2024 mencapai 489 orang.

Dari jumlah tersebut, 442 orang masih menjalani pengobatan dan 47 orang telah berhenti minum obat. Secara keseluruhan, sejak 14 tahun terakhir, jumlah pengidap HIV mencapai 396 orang dan AIDS sebanyak 375 orang, sehingga total keseluruhan mencapai 771 orang.

"Dari jumlah tersebut, pengidap HIV/AIDS yang meninggal dunia sebanyak 282 orang, sehingga tersisa 481 orang," rinci dr. Jusi.

BACA JUGA:15 Anak di Purbalingga Berstatus Sebagai Anak dengan HIV/AIDS

BACA JUGA:Kasus HIV/AIDS Purbalingga Capai 769, Ini Dominasi Penyebabnya

Abi, salah satu petugas pendamping/pengingat minum obat (PMO), mengungkapkan bahwa dirinya berperan dalam mendampingi para penderita HIV/AIDS di komunitas. Ia membantu akses layanan seperti VCT, IMS, dan ARV bagi penderita yang sudah berhenti minum obat.

"Selain mendampingi teman-teman yang belum terkena HIV, saya juga mendampingi teman-teman yang sudah terkena HIV dan meminta bantuan untuk didampingi," kata Abi.

Pemerintah Kabupaten Purbalingga juga pernah melakukan kegiatan skrining sebagai langkah awal identifikasi melalui pemeriksaan darah, biasanya dilakukan saat acara Germas dan kegiatan massal lainnya. (amr)

Kategori :