Kebakaran Pohon di Karanggedang, Diduga dari Sampah

Rabu 24-07-2024,22:40 WIB
Reporter : Fijri Rahmawati
Editor : Laily Media Yuliana

BANYUMAS, RADARBANYUMAS.DISWAY.ID - Insiden kebakaran pohon yang berada di ruas jalan kabupaten, Rabu (24/7) malam menggegerkan lingkungan RT 2 RW 1 Desa Karanggedang, Kecamatan Sumpiuh.

Komandan Regu Pos Damkar Kemranjen, Riswan Harto Waluyo menceritakan, kejadian bermula dari saksi Roso (50) melihat api di bawah pohon randu dan bambu sekira pukul 18.00.

Kemudian dia berusaha memadamkan api menggunakan alat seadanya bersama Abdul Salam (35). Akan tetapi, selang 30 menit kemudian api ternyata kembali membesar.

"Api membakar pohon randu dan bambu sampai ujung," jelas Riswan usai memadamkan api.

BACA JUGA:Kebakaran Mobil APV Sambar Rumah di Tambak, Empat Saksi Diperiksa, Sopir Masih Buron

BACA JUGA:Kerugian Kebakaran Pasar Karangkobar Banjarnegara Capai Rp 46 Miliar

Warga kemudian melaporkan kejadian si jago merah yang melahap pohon ke Polsek Sumpiuh dan Koramil 10 Sumpiuh. Kemudian informasi diteruskan ke Pos Pemadam Kebakaran Kemranjen, laporan diterima pukul 19.15 WIB dan langsung meluncur ke tempat kejadian.

Pos Pemadam Kebakaran Kemranjen mencatat api berhasil  dipadamkan pada pukul 20.00. Tidak ada korban jiwa maupun materi dalam kejadian tersebut.

"Penyebab kebakaran diduga dari pembakaran sampah oleh warga," beber Riswan.

Atas kejadian tersebut Pos Pemadam Kebakaran Kemranjen dan Polsek Sumpiuh berpesan kepada seluruh masyarakat supaya lebih memperhatikan lingkungan dengan tidak membakar sampah sembarangan. Terlebih, saat ini sedang musim kemarau.

Selain itu, masyarakat setempat agar menebang pohon bekas terbakar. Sebab, kondisi sudah kering. Sehingga dikhawatirkan tumbang ke jalan membahayakan pengguna yang melintas.

"Musim kemarau jangan bakar-bakar sembarangan," pesan Riswan. (fij)

Kategori :