5.480 Lowongan Kerja Dibuka untuk Kurangi Pengangguran di Banjarnegara

Rabu 24-07-2024,18:14 WIB
Reporter : Pujud Andriastanto
Editor : Susi Dwi Apriani

BANJARNEGARA, RADARBANYUMAS.DISWAY.ID - Dinas Tenaga Kerja, Penanaman Modal, dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (Disnaker PMPTSP) Kabupaten Banjarnegara menggelar Job Fair 2024, di Gedung Balai Budaya pada Rabu (24/7/2024). Acara ini, yang akan berlangsung hingga Kamis (25/7/2024), menawarkan sebanyak 5.480 lowongan kerja dari berbagai perusahaan dan lembaga di Banjarnegara dan sekitarnya.

Kepala Disnaker PMPTSP Banjarnegara, Abdul Suhendi, menjelaskan bahwa Job Fair 2024 bertujuan untuk menyambungkan para pencari kerja dengan perusahaan yang membutuhkan tenaga kerja terampil dan berkualitas. 

"Acara ini bukan hanya sebagai ajang perekrutan, tetapi juga untuk memberikan wawasan dan informasi terkini kepada pencari kerja tentang dunia kerja serta tips karir," katanya.

Menurut Suhendi, kegiatan ini bertujuan untuk mengurangi jumlah pengangguran dan kemiskinan di Banjarnegara. 

BACA JUGA:Perubahan Calon Anggota DPRD Banjarnegara: KPU Tetapkan Hanya di 3 Dapil

BACA JUGA:Warga Banjarnegara Jadikan Talas Sebagai Pengganti Tembakau, Dikirim ke Jawa Timur dan Lampung

"Dengan mempertemukan pencari kerja dengan perusahaan, kami berharap dapat meningkatkan penyerapan tenaga kerja di Kabupaten Banjarnegara," tambahnya. 

Sebanyak 30 perusahaan dan lembaga, termasuk Bursa Kerja Khusus (BKK) dan Perusahaan Penempatan Pekerja Migran Indonesia (P3MI), berpartisipasi dalam Job Fair kali ini. 

"Kami menyediakan berbagai jenis lowongan pekerjaan yang cocok untuk berbagai latar belakang pendidikan dan keterampilan," jelas Suhendi.

Pj Bupati Banjarnegara, Muhamad Masrofi yang membuka acara Job Fair, memberikan apresiasi atas terselenggaranya kegiatan ini. Menurutnya, Job Fair sangat penting dalam mengatasi masalah pengangguran di Banjarnegara. 

"Berdasarkan data BPS Banjarnegara 2023, jumlah pengangguran terbuka mencapai 36.549 orang, atau 6,26 persen dari angkatan kerja. Angka ini lebih tinggi dari tingkat pengangguran provinsi Jawa Tengah sebesar 5,13 persen," paparnya.

Masrofi juga menambahkan bahwa hingga Juni 2024, jumlah pencari kerja terdaftar (AK-1) di Banjarnegara mencapai 3.003 orang. 

"Job Fair ini merupakan langkah konkret untuk membantu mereka mendapatkan pekerjaan yang sesuai dengan keahlian dan minat mereka," ungkapnya.

Ia berharap, dengan adanya Job Fair, para pencari kerja dapat memperoleh informasi yang dibutuhkan dan segera mendapatkan pekerjaan yang sesuai. 

"Penempatan tenaga kerja yang tepat akan mendukung pertumbuhan ekonomi daerah dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Manfaatkanlah kesempatan ini sebaik mungkin," tandas Masrofi. (jud)

Kategori :