Banyumas Akan Bangun Taman Safari untuk Tingkatkan Pariwisata Nasional

Rabu 24-07-2024,13:23 WIB
Reporter : Dimas Prabowo
Editor : Ali Ibrahim

PURWOKERTO, RADARBANYUMAS.DISWAY.ID - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Banyumas tengah merencanakan pembangunan sebuah destinasi wisata berkelas nasional berupa taman safari. 

Dalam usaha merealisasikan rencana tersebut, sejumlah pejabat eselon dua Pemerintah Kabupaten Banyumas beserta Pj Bupati Banyumas, melakukan perjalanan dinas ke The Grand Taman Safari Prigen Jawa Timur, Selasa (23/4/2024).

Kepala Dinas Pemuda Olahraga Budaya dan Pariwisata (Dinporabudpar) Kabupaten Banyumas, Setia Rahendra, yang turut serta dalam rombongan ke Jawa Timur, mengatakan bahwa mereka akan melakukan presentasi dan membahas tindak lanjut dari rencana ini pada hari Rabu (hari ini).

BACA JUGA:Kompensasi Kolam Retensi Jalan Bung Karno Diusulkan Pembangunan Kios

"Iya, besok Rabu Pak Pj Bupati akan melakukan presentasi," kata Setia.

Setia menambahkan, Pemkab Banyumas sudah mempertimbangkan beberapa alternatif tempat untuk realisasi pembangunan taman safari ini. Termasuk lahan milik Pemkab seluas 60 hektar di Desa Kaliori Kecaamatan Kalibagor, Banyumas yang dekat dengan Bumi Perkemahan Kendalisada.

Sementara itu, Pj Bupati Banyumas menjelaskan, keberangkatan dirinya bersama sejumlah pejabat OPD (Organisasi Perangkat Daerah) ke Jawa Timur pada hari selasa (23/07/2024) adalah untuk mempresentasikan potensi dan feasibility project tersebut.

BACA JUGA:Meski Kerap Sepi, Rumah Singgah Bojong Tetap Ada Aktivitas

"Kami akan memaparkan terkait lahan, skenario bisnis, serta bagaimana iklim investasi dan dampaknya terhadap lingkungan sekitar. Semua aspek ini penting untuk memastikan keberlanjutan proyek taman safari di Banyumas," ujar Hanung sebelum berangkat ke Jawa Timur pada Selasa siang.

Hanung menegaskan bahwa wilayah Jawa Tengah bagian barat selatan, termasuk Banyumas, belum memiliki destinasi wisata berkelas nasional. Potensi pasar wisata di daerah ini sangat besar karena bisa menarik pengunjung tidak hanya dari Banyumas Raya, tetapi juga dari Jawa Barat bagian timur.

"Setelah kami analisis bersama, potensi pasarnya sangat besar. Tidak hanya masyarakat Barlingmascakeb, tetapi juga wilayah timur Jawa Barat memiliki potensi pengunjung yang signifikan," tambah Hanung.

BACA JUGA:Jumlah Pemilih Baru Pilkada 2024 Kisaran 11 Ribu

Selain itu, Hanung menjelaskan bahwa taman safari ini tidak hanya akan menarik minat pelajar, tetapi juga masyarakat umum yang biasanya berwisata ke daerah Jakarta dan Jawa Barat.

Dengan adanya taman safari ini, diharapkan Banyumas dapat meningkatkan daya tarik wisata dan memberikan dampak positif bagi perekonomian lokal serta meningkatkan kesejahteraan masyarakat.(dms)

Kategori :