Desa Karanganyar, Cilacap Jadi Percontohan Desa yang Mampu Manfaatkan Lahan Pekarangan

Jumat 19-07-2024,15:16 WIB
Reporter : Julius Purnomo
Editor : Susi Dwi Apriani

CILACAP, RADARBANYUMAS.DISWAY.ID - Petani di Desa Karanganyar, Kecamatan Adipala, Kabupaten Cilacap berhasil memanfaatkan lahan pekarangan menjadi lahan produktif.

Hal itu dibuktikan dengan budidaya tanaman holtikultura, seperti sayur-sayuran serta aneka buah-buahan, dan telah menghasilkan.

Adapun sayuran yang ditanam antara lain pokcoy (sawi), kacang panjang, pare, terong, bawang merah, cabai dan lainnya. Sedangkan tanaman buah diantaranya pepaya, melon, anggur dan lainnya. 

"Dengan pemanfaatan pekarangan untuk budidaya sayur dan buah, diharapkan kebutuhan sayuran dapat dicukupi secara subsisten dari lahan budidaya sendiri," kata Kepala Dishanpan Kabupaten Cilacap, Sigit Widayanto saat dikonfirmasi, Jumat (19/7/2024).

BACA JUGA:Awaluddin Muuri Mengajukan Pengunduran Diri dari Penjabat Bupati Kabupaten Cilacap

BACA JUGA:Kabupaten Cilacap Target Raih Penghargaan Kabupaten Sehat 2025

Menurutnya, masyarakat desa Karanganyar tidak akan terpengaruh manakala terjadi inflasi karena komoditas pangan segar asal tumbuhan (PSAT) tertentu di pasaran seperti cabai dan bawang merah.

"Dengan upaya ini, tentu akan berdampak pada pengurangan angka kemiskinan di Kabupaten Cilacap," tandasnya.

Atas kesuksesan tersebut, Desa Karanganyar dinobatkan oleh Pj Bupati sebagai Desa percontohan dan mendorong masyarakat di Cilacap untuk memanfaatkan lahan pekarangan menjadi lahan produktif. Langkah ini sebagai upaya mendukung ketersediaan stok pangan di Kabupaten Cilacap.

"Langkah ini sebagai upaya mendukung ketersediaan stok pangan di Kabupaten Cilacap. Selain itu, guna mengoptimalkan Gerakan Pemanfataan Lahan Pekarangan," kata Pj Bupati Cilacap Awaluddin Muuri.

Pj Bupati sudah berkali-kali membuat surat edaran untuk pemanfaatan lahan pekarangan, termasuk menggunakan polybag dan lain sebagainya. Harapannya ketersediaan pangan terjaga dan bisa menekan inflasi.

"Dengan memanfaatkan lahan pekarangan, kita bisa mandiri, kerjasama dengan PKK maupun yang lainnya, sehingga tidak terpengaruh dengan cuaca," imbuhnya.

Dalam kesempatan itu, Pj Bupati meresmikan Gerai Pangan Segar dan gerakan pemanfaatan pekarangan bersama Kadishanpan, Forkopimcam setempat dan dinas instansi terkait juga melakukan penanaman serta panen bawang merah dan cabai. (jul)

Kategori :